Sukses

15 Ribu Personel Polda Sulsel Diterjunkan Jaga Pilkada Serentak 2024

15 ribu personel itu diterjunkan dalam. Operasi Mantap Praja Pallawa 2024

Liputan6.com, Makassar - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan Pilkada Serentak 2024 berlangsung aman. Salah satunya adalah menggelar Operasi Mantap Praja Pallawa 2024. 

Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi menjelaskan operasi ini digelar mulai 1 Agustus 2024. Sedikitnya 15.000 personel polisi jajaran Polda Sulsel pun diterjunkan untuk mengamankan pilkada serentak. 

"Ada 15.000 anggota yang diterjunkan secara bertahap, sesuai dengan tahapan," kata Andi Rian kepada wartawan, Senin (29/7/2024) malam. 

Sejauh ini, jelasnya, pihak Polda Sulsel telah melakukan koordinasi dan komunikasi dalam rangka persiapan Operasi Mantap Praja Pallawa 2024 kepada instansi-instansi terkait. Berbagai rapat kerja teknis antar instansi pun juga telah dilakukan demi memastikan kelancaran Pilkada Serentak di Sulsel.

"Terkahir, tadi dilaksanakan rapat koordinasi teknis bidang kesehatan. Kita juga melahirkan bidang kesehatan dari instansi samping, baik dari TNI maupun pemerintah, " sambungnya.

Andi Rian menjelaskan bahwa selain pengamanan secara langsung di lapangan, pihaknya juga menyiapkan anggota yang akan melakukan patroli cyber untuk menangkal hoaks di media sosial. 

"Termasuk pencegahan kampanye-kampanye hitam atau black campaign," sebutnya. 

 Berkaca dari Pilpres dan Pileg yang sukses, Sulawesi Selatan pun kini masuk dalam zona hijau pilkada serentak. Andi Rian pun mengajak masyarakat untuk menjaga tahapan pilkada kali ini bisa berjalan aman dan damai. 

"Untuk itu saya mengajak kepada masyarakat Sulsel, mari kita sama-sama menjaga situasi Kamtibmas agar tetap aman dan nyaman. Sehingga seluruh aktivitas bisa berjalan sebagaimana mestinya, " imbuhnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.