Sukses

Mengintip Nama yang Digadang-gadang Ramaikan Bursa Pilgub Sumbar 2024

Pilkada 2024 menjadi ajang bagi masyarakat Sumatera Barat untuk memilih pemimpin yang seharusnya membawa perubahan positif dan kemajuan.

Liputan6.com, Padang - Pilkada Sumatera Barat 2024 semakin dekat, dan berbagai nama mulai mencuat sebagai bakal calon gubernur. Setiap calon sudah mulai mengambil ancang-ancang dalam pesta demokrasi kali ini.

Berikut adalah beberapa tokoh yang diprediksi akan bersaing dalam kontestasi politik Sumbar 2024:

1. Mahyeldi

Mahyeldi saat ini menjabat sebagai Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi merupakan kader Partai Keadilan Sejahtera. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wali Kota Padang selama dua periode.

Berapa waktu lalu, PKS dan Gerindra mendeklarasikan Mahyeldi maju sebagai calon gubernur berpasangan dengan Vasco Ruseimy sebagai wakilnya.

3. Mulyadi

Mulyadi, yang juga anggota DPR RI, mewakili Partai Demokrat. Mulyadi memiliki pengalaman luas di bidang legislatif, menjabat selama tiga periode. Sebagai pengusaha, ia dikenal dengan inovasi di bidang outsourcing melalui perusahaannya, PT Adi Citra Mulyatama​.

4. Epyardi Asda

Epyardi Asda, yang saat ini menjabat sebagai Bupati Solok, memiliki latar belakang sebagai pengusaha dan politikus. Sebelumnya, ia merupakan anggota DPR RI dari fraksi PPP selama tiga periode. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Fadly Amran

Fadly Amran saat ini menjabat sebagai Wali Kota Padang Panjang dari Partai Nasdem. Masih terbilang muda, Fadly Amran juga merupakan seorang pengusaha.

6. Sutan Riska

Sutan Riska, Bupati Dharmasraya, adalah salah satu pemimpin daerah termuda di Indonesia. Bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, ia membawa semangat baru dalam politik lokal.

7. Audy Joinaldy

Audy Joinaldy kini menjabat Wakil Gubernur Sumatera Barat, dikenal sebagai pengusaha sukses dengan latar belakang akademis yang kuat. Ia merupakan kader Partai Persatuan Pembangunan dan memiliki peran aktif dalam berbagai usaha di bidang peternakan dan pertanian.

8. Ganefri

Ganefri, seorang guru besar dari Universitas Negeri Padang (UNP) yang sebelumnya menjabat sebagai Rektor UNP, adalah salah satu nama yang menarik perhatian.

Dengan latar belakang akademis dan kepemimpinan yang solid, Ganefri digadang-gadang membawa perspektif baru dalam politik Sumatera Barat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.