Sukses

Terjatuh dari Flyover Kalibalok, Pekerja Dinas PU Bandar Lampung Tak Pakai Perlengkapan K3

Pasca terjatuh dari ketinggian sekitar 20 meter ketika memperbaiki lampu PJU diketahui bahwa dua pekerja tak dilengkapi dengan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Liputan6.com, Lampung - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandar Lampung masih terus menyelidiki kasus kecelalakaan kerja yang terjadi di Flyover Kalibalok, kota setempat, hingga menyebabkan satu dari dua pekerja tewas. Setelah terjatuh dari mobil crane dengan ketinggian sekitar 20 meter, baru diketahui dua pekerja ternyata tak dilengkapi dengan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Peristiwa nahas itu terjadi di Flyover Kalibalok, di Jalan Pangeran Antasari, Kecamatan Tanjung Karang Timur, kota setempat, pada Senin (29/7/2024) sekira pukul 9.40 WIB.

Dua pekerja itu terjatuh ketita memperbaiki lampu penerangan jalan umum (PJU), seorang pegawai honorer Dinas PU Bandar Lampung bernama Dermawan Wibisono (54) dinyatakan meninggal dunia. Sementara, korban luka berat yaitu seorang siswa SMK bernama Bobby Fatir (17) yang sedang praktik kerja lapangan (PKL) di dinas setempat.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadillah Astutik mengatakan bahwa setelah olah tempat kejadian perkara (TKP), polisi menemukan adanya kelalaian dari pihak Dinas PU setempat.

"Polresta Bandar Lampung masih melakukan penyelidikan terkait peristiwa ini. Kemarin sudah olah TKP awal di lokasi kejadian, ditemukan bahwa pada saat kedua korban naik ke mobil crane ini tidak menggunakan helm pelindung, tali pengaman, dan rompi sesuai standar keamanan," kata Umi, Rabu (31/7/2024).

Bahkan, dijelaskan Umi, mobil crane tersebut tidak dilengkapi dengan K3.

"Kemudian kami juga menemukan fakta bahwa di mobil itu tidak disediakan perlengkapan apapun, maksudnya perlengkapan keamanan sesuai aturan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)," ujarnya lagi.

Dia menambahkan, beberapa pihak sudah diperiksa untuk dimintai keterangan di Mapolresta Bandar Lampung terkait peristiwa tersebut.

"Dari kemarin hingga hari ini penyidik telah memanggil beberapa pihak pada peristiwa tersebut. Namun siapa saja, saya juga belum mengetahui, nanti akan diinformasikan kembali, mohon waktu," pungkasnya. 

Sebelumnya, dua pekerja terjatuh dari mobil crane (mobil dengan peralatan tangga) saat memperbaiki lampu penerangan jalan umum (PJU) Flyover Kalibalok, di Jalan Antasari, Kota Bandar Lampung, Senin (29/7/2024). Akibatnya satu pekerja tewas di lokasi kejadian.

Kedua korban itu jatuh dari ketinggian sekitar 20 meter di atas mobil crane yang tengah beroperasi. Peristiwa nahas itu terjadi sekitar pukul 10.40 WIB, warga setempat sempat berkumpul di sekitar lokasi kejadian.

Dari video yang diterima Liputan6.com, tampak sejumlah warga sedang mengevakuasi kedua korban ke dalam mobil pikap. Tampak juga bercak darah di aspal letak keduanya terjatuh dari atas flyover. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.