Sukses

Intip, 10 Manfaat Mengonsumsi Jeruk Siam untuk Kesehatan

Jeruk siam merupakan salah satu buah yang mengandung banyak sekali manfaat baik. Berikut ini 10 manfaat mengonsumsi jeruk siam yang harus diketahui.

Liputan6.com, Bandung - Jeruk masih menjadi salah satu buah yang disukai oleh banyak orang dan identik dengan bentuk bulat dan berwarna kuning. Buah jeruk terkenal dengan cita rasanya yang segar dan mudah untuk ditemui.

Selain itu, jeruk juga memiliki berbagai macam jenis salah satunya yang terkenal adalah “Jeruk Siam”. Sebagai informasi, melansir dari Jurnal Sipora, jeruk siam merupakan anggota dari jenis jeruk keprok yang memiliki nama lain “Citrus Nobilis”.

Kemudian, nama siam sendiri terinspirasi dari negara asal jeruk ini yaitu dari Siam (Thailand). Di negara asalnya, jeruk ini juga dikenal dengan nama som kin wan dan terkenal dengan rasanya yang manis dan sedikit kombinasi asam.

Jeruk siam juga terkenal memberikan sensasi rasa yang segar dan rasa manis yang khas. Meskipun berasal dari Thailand, jeruk ini bisa ditemui dengan mudah di beberapa negara karena telah lama dibudidayakan dan disukai oleh masyarakat di berbagai negara.

Untuk menikmati jeruk siam bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari mengonsumsinya secara langsung sebagai buah segar, diolah menjadi jus, atau menambahkannya sebagai tambahan hidangan lainnya.

Selain itu, jeruk siam dikenal memiliki segudang nutrisi dan manfaat baik untuk tubuh yang harus diketahui. Diketahui dengan mengonsumsi jeruk siam secara teratur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan mata, serta manfaat lainnya.

Melalui artikel ini akan dibahas 10 manfaat dari mengonsumsi jeruk siam untuk kesehatan tubuh yang harus diketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

10 Manfaat Mengonsumsi Jeruk Siam untuk Kesehatan

1. Meningkatkan imunitas

Jeruk siam termasuk sebagai buah yang akan vitamin C dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Diketahui kandungan tersebut bisa membantu dalam melawan infeksi dan penyakit seperti flu hingga batuk.

2. Meningkatkan kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dalam jeruk siam ternyata menyimpan manfaat baik untuk mendukung produksi kolagen yang memperbaiki jaringan kulit serta mengurang tanda-tanda penuaan. Sebagai informasi vitamin c termasuk sebagai nutrisi penting agar kulit tetap sehat dan terlindungi dari kerusakan.

3. Mendukung kesehatan otak

Jeruk siam mengandung antioksidan yang berasal dari vitamin C dan nobiletin yang mampu melindungi otak dari gangguan kronis. Misalnya gangguan seperti Alzheimer dan Parkinson dengan melawan kerusakan akibat radikal bebas.

4. Mendukung proses penurunan berat badan

Jeruk siam dikenal mengandung serat yang bisa membantu dalam meningkatkan rasa kenyang dan mengatur nafsu makan. Sehingga kandungan tersebut secara alami bisa membantu mendukung proses penurunan berat badan seseorang.

3 dari 4 halaman

Manfaat Selanjutnya

5. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh dan menjadi organ utama dari sistem peredaran darah dalam tubuh manusia. Sehingga manusia harus bisa menjaga jantungnya dengan baik dengan cara menjalani hidup yang sehat dan mengonsumsi makanan yang baik.

Diketahui jeruk siam mengandung flavonoid yaitu antioksidan yang membantu dalam menurunkan kolesterol dan trigliserida. Sehingga kandungannya dinilai dapat membantu untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

6. Menjaga hormon dan kesehatan otak

Jeruk siam mengandung vitamin B6 yang terkenal baik untuk membantu mengatur hormon dan menjaga kesehatan otak. Kandungan tersebut juga membantu tubuh untuk memproduksi serotonin, neurotransmitter yang berperan dalam mood dan tidur.

7. Mencegah anemia

Anemia merupakan kondisi yang terjadi ketika darah tidak memiliki sel darah merah sehat yang cukup dan menyebabkan aliran oksigen berkurang ke organ tubuh. Namun jeruk siam mengandung vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi yang dikenal sebagai mineral penting untuk membantu mencegah terjadinya anemia.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

8. Memiliki sifat antikanker

Jeruk siam juga dikenal bermanfaat untuk kesehatan karena memiliki sifat antikanker. Manfaat tersebut tidak terlepas dari kandungan vitamin C dan flavonoid yang berpotensi untuk mencegah pertumbuhan tumor dan meningkatkan efektivitas kemoterapi.

9. Mengurangi risiko batu ginjal

Sama seperti jenis jeruk lainnya jeruk siam mengandung asam sitrat yang diketahui dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Asam sitrat juga dikenal dapat meningkatkan bioavailabilitas mineral yang memungkinkan tubuh menyerap dengan baik.

10. Menjaga kesehatan mata dan mendukung fungsi pencernaan

Jeruk siam mengandung vitamin A yang dikenal bisa menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula yang berkaitan dengan usia. Kemudian jeruk siam juga mengandung serat yang membantu memperlancar pencernaan sehingga mencegah sembelit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini