Sukses

Pecel Koyor Khas Semarang, Sajian Pecel Unik dengan Urat Sapi

Nama pecel koyor mungkin masih terdengar asing. Namun, sajian ini menjadi incaran masyarakat lokal maupun wisatawan yang sedang berkunjung ke Semarang.

Liputan6.com, Semarang - Beberapa daerah di Indonesia memiliki sajian pecel dengan keunikannya masing-masing, termasuk Semarang. Kota Atlas ini memiliki kuliner Semarang yang disebut pecel koyor.

Nama pecel koyor mungkin masih terdengar asing. Namun, sajian ini menjadi incaran masyarakat lokal maupun wisatawan yang sedang berkunjung ke Semarang.

Mengutip dari indonesiakaya.com, pecel koyor berbeda dengan pecel pada umumnya. Biasanya, pecel identik dengan sayur mayur yang dicampur dengan bumbu kacang, tetapi pecel koyor memiliki tambahan bahan yang membuatnya semakin unik, yakni urat kaki sapi.

Secara keseluruhan, dalam seporsi pecel koyor berisi sayuran yang terdiri dari kacang panjang, kol, sawi putih, kangkung, dan taoge. Selanjutnya, diberi tambahan koyor atau urat sapi.

Semua sayuran tersebut diolah dengan cara direbus dalam air mendidih dan didiamkan sebentar hingga sayuran menjadi lunak. Adapun untuk bumbu pecelnya menggunakan bumbu kacang.

Cara mengolah bumbu pecel koyor adalah dengan menguleg kacang sangrai hingga agak halus. Kacang tersebut diuleg dengan campuran bawang putih, cabai keriting, dan cabai rawit yang juga telah disangrai.

Setelah diuleg menjadi agak halus, kemudian semua bahan dicampur dengan air matang secukupnya. Cukup beri sedikit air agar saus tetap kental dan tidak terlalu encer.

Sementara itu, urat sapi diolah dengan cara direbus setengah matang dengan menggunakan rempah-rempah berupa salam, laos, dan sedikit garam hingga empuk. Kemudian digoreng hingga matang sehingga kelihatan berlemak.

Umumnya, urat yang digunakan adalah urat kaki sapi. Namun, sebagian masyarakat ada yang menyebutnya berasal dari urat kemaluan sapi. Koyor memiliki tekstur yang lebih lembut dibanding kikil sapi.

Pecel koyor disajikan dengan menggunakan alas daun pisang. Setelah meletakkan nasi, selanjutnya semua bahan ditaruh di atas nasi. Selanjutnya, saus bumbu pecel dituangkan di atasnya.

Pecel koyor biasanya disantap dengan rempeyek sebagai pengganti kerupuk. Bagi wisatawan yang ingin mencoba pecel koyor bisa berkunjung ke Kawasan Simpang Lima, Semarang.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.