Sukses

Saudia Airlines Buka Rute Penerbangan Bandara Kualanamu-Jeddah PP, Catat Jadwalnya

Rute penerbangan Internasional kembali dibuka di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). Kini, maskapai penerbangan Saudia Airlines yang membuka rute penerbangan internasional dari dan ke Bandara Kualanamu.

Liputan6.com, Deli Serdang Rute penerbangan Internasional kembali dibuka di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). Kini, maskapai penerbangan Saudia Airlines yang membuka rute penerbangan internasional dari dan ke Bandara Kualanamu.

Manager Saudia Airlines Indonesia, Singapura, Australia, Faisal Alallah mengatakan, pihaknya membuka penerbangan langsung pulang dan pergi (PP) rute Medan (Bandara Kualanamu) ke Jeddah dan Madinah, dimulai per 31 Agustus 2024. Pelayanan penerbangan 4 kali dalam seminggu.

"Penerbangan ini bagian dari langkah ekspansi untuk menghubungkan dunia dengan Kerajaan Arab Saudi, dan melayani berbagai segmen tamu," kata Faisal saat konferensi pers di Aula Kedatangan Domestik Bandara Kualanamu, Rabu (31/7/2024).

Diterangkannya, pada pertemuan dengan pejabat Bandara Kualanamu, diatur mengenai operasi serta kesiapan platform layanan. Tujuannya memberikan solusi terbaik yang berkontribusi pada kelancaran arus lalu lintas di bandara, dan mempercepat prosedur.

"Kita, Saudia Airlines berencana menambah Madinah sebagai destinasi kedua setelah Jeddah dalam pengoperasian destinasi baru dari Bandara Kualanamu," terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akomodir Permintaan yang Terus Meningkat

Diungkapkan Faisal, dibukanya rute penerbangan Bandara Kualanamu-Jeddah untuk berinvestasi dan mengakomodir permintaan yang terus meningkat, terutama setelah baru-baru ini menandatangani perjanjian dengan perusahaan operasional Bandara Taba, Mesir.

"Juga untuk memperluas operasi dan meningkatkan transportasi, serta layanan bagi para peziarah, pengunjung Masjid Nabawi, dan situs-situs bersejarah Islam," ungkapnya.

Disebutkan Faisal, Saudia Airlines ingin meningkatkan pangsa pasar di sektor haji dan umrah, karena Indonesia merupakan salah satu pasar perjalanan Islam yang paling diminati.

Dengan target, lanjutnya, berkontribusi mencapai tujuan Saudi Vision 2030 dan memfasilitasi penyelenggaraan 30 juta peziarah pada 2030.

3 dari 4 halaman

Modernisasi dan Pengembangan Armada

Terungkap pula, peningkatan destinasi Saudia Airlines bertepatan dengan pelaksanaan program terbesar untuk memodernisasi dan mengembangkan armada yang saat ini berjumlah 144 pesawat. Sementara 103 pesawat baru akan ditambahkan dalam beberapa tahun mendatang.

Tak hanya itu, banyak inisiatif lain yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman perjalanan sesuai dengan perkembangan terbaru dalam industri transportasi udara.

Director of Commercial and Business Development PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) Kualanamu, Kedar Deshpande, dan Pelaksana harian (Plh) Direktur Operasi PT AVI, Haris, menyambut baik dibukanya rute baru Saudia Airlines di Bandara Kualanamu.

"Rute baru ini memudahkan, khususnya jemaah umrah yang akan melanjutkan penerbangan dengan maskapai sama saat tiba di Bandara Kualanamu. Rute ini bertujuan memberikan kepuasan kepada penumpang dengan memudahkan perjalanan, dengan proses lebih cepat dan ringkas," Kedar menuturkan.

4 dari 4 halaman

Dihadiri Berbagai Pihak

Diketahui, konferensi pers turut dihadiri Ka Otban Wilayah II Medan, Sokhib Al Rokhman, Sales Eksekutif Indonesia Saudia Airlines, Abdulrahman S Lahmadi, Presiden Direktur of PT Ayuberga-GSA for Saudia Airlines, Andri Bermawi.

Kemudian, VP Sales dan Marketing Arab Saudi Airlines Indonesia, Herry Setiawan. Lalu, Branch Manager Saudia Medan, Sabrina Pasaribu, Head of Corporate Secretary & Legal PT AVI, Dedi Al Subur, sejumlah wartawan, serta tamu undangan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.