Sukses

Wow, 2 Desainer Lokal Berkesempatan Unjuk Produk di Paris

Dua desainer lokal, bakal diboyong ke ajang fashion show di Paris pada September mendatang

Liputan6.com, Jakarta - Dua desainer lokal, bakal diboyong ke ajang fashion show di Paris pada September mendatang. Langkah tersebut dilakukan oleh PINTU Incubator sebagai wadah para desainer-desainer lokal yang memiliki kualitas internasional.

Untuk tahun ini, PINTU Incubator yang merupakan hasil kolaborasi dari JF3, LAKON Indonesia, dan Kedutaan Besar Prancis, melalui Institut Francais d’Indonesie (IFI), melakukan kurasi pada lebih dari 500 brand lokal yang sudah mendaftar.

Kurasi tersebut dilakukan untuk memilih brand lokal yang bisa menampilkan karyanya di JF3 2024. Dalam prosesnya, telah terpilih 5 brand yakni, Senses, Enigma, Denim It Up, Arae, serta Tales and Wonder. 

"Kita telah melakukan kurasi dan sudah ada lima bran lokal untuk bisa mempresentasikan karyanya dinrunway JF3 2024," kata co-inisiator PINTU Incubator, Theresia Mareta dalam konferensi pers JF3 2024 di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Rabu, 31 Juli 2024.

Nantinya, para brand lokal tersebut akan memasuki tahap kurasi terakhir untuk diberangkatkan ke Paris, Perancis untuk dalam event trade show. Langkah ini sebagai bentuk nyata PINTU Incubator dalam mempersiapkan para desainer untuk pasar mode serta, mendapatkan eksposur atau perhatian internasional.

"Tahun ini kita perketat kurasinya, tahapannya cukup panjang karena kita mencari brand yang betul-betul siap secara kualitas dan kuantitas. Kalau tahun lalu, kita berangkatkan 4 brand fashion lokal, tapi tahun ini ada 2 brand yang nantinya diberangkatkan ke Paris untuk trade show," ujarnya.

Sementara, Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Timor Leste, dan ASEAN, H.E Fabien Penone menambahkan, PINTU membentuk aliansi inovatif antara Prancis dan Indonesia di bidang fashion. Sejak dimulai pada tahun 2022, program ini telah mendukung lebih dari tiga puluh lima desainer di kedua negara. 

"Untuk tahun ketiga ini, dua puluh desainer dan profesional fashion Prancis akan terlibat dalam berbagai kegiatan yang mencakup pertemuan bisnis, peragaan busana, konferensi. kunjungan studio, dan mentoring. Pada akhir minggu, desainer Indonesia akan dipilih untuk memamerkan koleksi mereka di Paris pada bulan September 2024," jelasnya.

Lalu, program PINTU adalah kesempatan untuk berkolaborasi dengan individu yang penuh semangat, bertukar ide, dan menantang diri sendiri dalam mengejar pasar internasional.

"Tahun ini, Première Classe, Institut français Paris, dan sekolah bergengsi Duperré - Paris telah memberikan komitmen mereka untuk memberikan dukungan kepada program PINTU Incubator," ungkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini