Sukses

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian Raih Penghargaan Tokoh Inspiratif Penggerak Kemajuan SDM dan Pendidikan Transformatif dari Liputan6.com

Helldy Agustian, satu-satunya wali kota di Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari Liputan6.com, sebagai Tokoh Inspiratif Penggerak Kemajuan SDM dan Pendidikan Transformatif.

Liputan6.com, Jakarta - Helldy Agustian, satu-satunya wali kota di Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari Liputan6.com, sebagai Tokoh Inspiratif Penggerak Kemajuan SDM dan Pendidikan Transformatif.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, menerima langsung penghargaan bertajuk Cita & Cipta 2024 di Shangrila Hotel, Jakarta, pada Rabu malam (31/7/2024).

Pemimpin Redaksi Liputan6.com, Elin Yunita Kristanti dalam sambutannya mengatakan, meski diterpa pandemi Covid-19 bertahun-tahun, anak bangsa tak pernah berhenti mencetak prestasi. 

"Bahkan, di tengah semua pembatasan itu, sejumlah tokoh, para profesional, pekerja seni, atlet hingga orang awam, menawarkan gagasan dan tindakan nyata yang bisa jadi solusi bagi permasalahan bersama," ujar Elin, Rabu, (31/07/2024).

Untuk ajang Anugerah Inspiratif ada 12 pemenang yang berasal dari sejumlah kepala daerah, tokoh dan lembaga yang menginspirasi di berbagai bidang. 

Seperti Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Bupati Bandung Dadang Supriatna, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara H. Rendi Solihin.

Kemudian sebagai Tokoh Inspiratif Penggerak Kemajuan Tradisi dan Pendidikan Agama, diberikan kepada Ketua LPTQ Kabupaten Tangerang Mochamad Maesyal Rasyid.

Sebelum penyerahan penghargaan Anugerah Perempuan Hebat dan Anugerah Inspiratif, Cita & Cipta 2024 juga menggelar diskusi yang menghadirkan narasumber lintas generasi dengan bahasan dari berbagai perspektif.

Seperti diskusi "Menangkal Hoaks, Menjaga Keutuhan Informasi di Era Digital" yang menghadirkan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria, musisi serta aktivis social Yosi Mokalu sebagai pembicara.

Diskusi ini membahas tentang bahaya hoaks dan dampak negatifnya terhadap masyarakat, mengajak masyarakat untuk aktif dalam memerangi hoaks dan menyebarkan informasi yang benar serta memberikan panduan untuk mengidentifikasi hoaks melalui cek fakta.

Kemudian ada diskusi "Masa Depan Transportasi Ramah Lingkungan, Inovasi Transportasi dengan Energi Terbarukan" yang menampilkan pembicara Kepala Kantor Staf Presiden dan Ketua Periklindo Moeldoko, serta influencer otomotif Den Dimas.

"Pada diskusi panel ini dibahas pro dan kontra terkait keberlanjutan industri bahan bakar Indonesia, dalam transisi penggunaan mobil listrik dan energi terbarukan lainnya seperti hidrogen," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inovasi Program Pengembangan SDM

Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian mengaku bersyukur dan berterima kasih atas anugerah yang diberikan oleh Liputan6.com, sebagai Tokoh Inspiratif Penggerak Kemajuan SDM dan Pendidikan Transformatif.

Dimana, semenjak dia menjabat sebagai kepala daerah di Kota Baja itu, dia menelurkan banyak program untuk kemajuan dunia pendidikan. 

"Pemerintah Kota Cilegon memberikan bantuan beasiswa full sarjana kepada 5000 mahasiswa, Rp3 juta per 1 semester selama 8 semester," ujar Helldy Agustian, Wali Kota Cilegon, Rabu (31/7/2024).

Program lainnya yakni menyekolahkan kembali 305 siswa yang putus sekolah. Kemudian memberikan program Lembar Kerja Siswa (LKS) gratis di sekolah, membangun 4 SMP hingga program membantu membiayai Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi lebih dari 300 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) medio 2022-2024.

"⁠Pemerintah Kota Cilegon mengalokasikan anggaran hingga Rp33 miliar untuk honor guru madrasah dan guru mengaji se-Kota Cilegon," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini