Sukses

Sonny Septian 13 Hari Dirawat di Rumah Sakit, Alami Penyempitan Pembuluh Darah

Aktor dan persenter, Sonny Septian dirawat hampir 2 pekan usai dikabarkan sakit alami penyempitan pembuluh darah.

Liputan6.com, Bandung - Presenter sekaligus aktor kondang, Sonny Septian belakangan ini jadi sorotan publik setelah dikabarkan mengalami sakit penyempitan pembuluh darah. Kondisinya tersebut diungkap langsung oleh sang istri, Fairuz A Rafiq.

Diketahui, Sonny Septian tengah berjuang melawan penyakit tersebut dan saat ini menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta. Hampir dua pekan pria berusia 37 tahun itu di rawat di rumah sakit.

Awalnya, Sonny Septian masuk ke rumah sakit dengan dugaan awal keracunan makanan. Kemudian Fairuz A Rafiq menuturkan bahwa suaminya tersebut harus menjalani MRI setelah diketahui mengalami pusing dan sakit di bagian kepalanya.

“Sonny itu kemarin awalnya dari gangguan pencernaan. Tapi kepalanya juga pusing-pusing terus dan sakitnya lumayan,” ujar Fairuz pada Kamis (25/7/2024) mengutip dari Kapanlagi.

Fairuz juga menceritakan bahwa suaminya sebelumnya sering menderita sakit kepala selama setahun terakhir ini. Namun kondisi tersebut biasanya diredakan dengan mengonsumsi obat biasa.

“Jadi emang dari sebelumnya udah sering sakit, pusing. Tapi kalau minum obat, hilang,” kata istri Sonny Septian tersebut.

Setelah dirawat karena pencernaan, Sonny Septian juga mengalami sakit kepala dan pusing tersebut. Sehingga pihak tim medis yang mendengarkan keluhan tersebut menyarankan agar diperiksa lebih detail dengan melakukan MRI.

“Dari situ, dokter menyarankan buat MRI. Setelah beberapa kali MRI dan pemeriksaan akhirnya diketahui bahwa ternyata di kepalanya ada penyempitan pembuluh darah,” ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dilakukan Tindakan Lanjutan

Istri Sonny Septian, Fairuz A Rafiq juga menjelaskan setelah ditemukannya kondisi tersebut suaminya tersebut harus memperpanjang masa perawatannya di Rumah Sakit. Meskipun pada awalnya sempat diizinkan untuk pulang.

“Dokter bilang harus ada tindakan. Dari yang tadinya harusnya cepet, jadi lebih lama ada di sini,” kata Fairuz.

Fairuz juga meminta doa dari publik untuk kesembuhan suaminya tersebut terutama untuk mendapatkan hasil yang baik dari kesehatannya. Selain itu, di media sosial pribadinya Fairuz rutin memberikan kabar terkini kondisi suaminya.

Sementara itu anak sulungnya, King Faaz awalnya hanya mengetahui bahwa kondisi ayah sambungnya tersebut hanya mengalami masalah pencernaan. Ketika mengetahui kondisi sebenarnya Fairuz menuturkan anaknya tersebut sempat terkejut dan menangis.

Pada unggahan lain, Fairuz sempat membagikan video anaknya yang sedang membacakan salawat di samping Sonny Septian. 

Abang faaz nangis lihat kondisi daddy dan tahu yang sebenarnya, daddynya di jagain daddynya di shalawatin diruang icu. Begitu besar rasa sayangnya ke daddy,” tulisnya (@fairuzarafiq).

3 dari 4 halaman

Apa Itu Penyempitan Pembuluh Darah?

Pembuluh darah merupakan organ yang menyerupai selang yang terdapat di seluruh tubuh manusia. Organ penting ini ada dalam tubuh mulai dari ujung kaki hingga ujung dan berfungsi untuk mengatur tekanan darah hingga mengalirkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Secara alaminya bisa menyempit atau melebar sesuai kebutuhan darah dalam tubuh yang terjadi karena pengaruh aktivitas otot dan saraf pada dinding pembuluh darah. Mengutip dari Alodokter penyempitan pembuluh darah bisa terjadi karena beberapa faktor.

Secara alami ketika mengatur pasokan darah dan tekanan darah pada bagian tubuh tertentu. Pembuluh darah juga bisa menyempit ketika seseorang berada di tempat yang dingin atau ketika suhu tubuh menurun secara drastis.

Kemudian, ketika terjadi penyempitan pembuluh darah pasokan darah juga dapat menjadi lebih lambat namun tekanannya menjadi lebih besar. Selain itu terdapat faktor eksternal lain yang bisa menyebabkan kondisi tersebut.

Di antaranya bisa karena penyakit tertentu, hipotermia, pengaruh obat-obatan, hingga kondisi psikologis seseorang seperti stres juga bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih sempit.

4 dari 4 halaman

Profil Sonny Septian

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber Sonny Septian dikenal sebagai seorang presenter, model, dan aktor Indonesia. Ia lahir pada tanggal 23 September 1983 di Jakarta dan anak dari artis Waty Siregar.

Dalam kehidupan pribadinya presenter berusia 40 tahun ini telah resmi menikah dengan artis Fairuz A Rafiq pada tahun 2017. Sonny Septian sendiri aktif berkarier dalam dunia hiburan sejak tahun 1997.

Saat itu ia pernah hadir menjadi bintang tamu untuk sinetron populer Jinny oh Jinny dengan berperan sebagai karakter bernama Chesky. Kemudian di tahun 2000-an Sonny Septian aktif berkarier dalam beberapa sinetron.

Sonny juga banyak membintangi film televisi atau FTV populer sejak tahun 2005 dan terus eksis sampai beberapa tahun. Saat ini Sonny sendiri aktif menjadi presenter terutama untuk acara-acara televisi populer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.