Sukses

Simak, 10 Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa untuk Kesehatan

Air kelapa tidak hanya menjadi minuman yang menyegarkan tetapi juga menyimpan banyak manfaat. Berikut ini 10 manfaat mengonsumsi air kelapa untuk kesehatan.

Liputan6.com, Bandung - Kesegaran air kelapa masih menjadi salah satu minuman yang banyak dicari oleh banyak orang. Pasalnya minuman ini termasuk dalam minuman alami yang menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan.

Air kelapa juga sering dinikmati oleh beberapa orang terutama di negara-negara tropis seperti Indonesia. Sebagai informasi minuman ini tidak hanya menjadi pelepas dahaga tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh.

Melansir dari Disbun Prov Kaltim air kelapa mempunyai nama ilmiah yang dikenal dengan sebutan “Cocos Nucifera”. Air kelapa menyimpan manfaat baik tidak hanya menyegarkan tenggorokan saja.

Air kelapa dikenal bisa mencegah muntah-muntah hingga membantu mengatasi dehidrasi. Airnya juga menyimpan banyak kandungan baik mulai dari potasium, sodium, elektrolit, kalsium, vitamin C, hingga lauric acid.

Minuman ini juga bermanfaat untuk menjadi antibakteri dan membunuh bakteri penyebab infeksi dalam tubuh. Biasanya seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi air kelapa bahkan dua kali sehari untuk kesehatan dan penyembuhan infeksi.

Umumnya di Indonesia sendiri masyarakat lebih menyukai mengonsumsi air kelapa muda. Pasalnya air dari kelapa muda biasanya mengandung lebih banyak volume air daripada air kelapa tua.

Namun baik air kelapa muda atau air kelapa tua keduanya mengandung manfaat yang hampir sama karena kandungan nutrisinya yang mirip. Melalui artikel ini sendiri akan membahas berbagai manfaat mengonsumsi air kelapa untuk kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

10 Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa untuk Kesehatan

Melansir dari beberapa sumber berikut ini manfaat mengonsumsi air kelapa untuk kesehatan:

1. Menghidrasi tubuh

Air Kelapa mempunyai banyak kandungan baik untuk tubuh salah satunya adalah elektrolit seperti kalium, natrium, dan magnesium. Kandungan tersebut bisa membantu untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang terutama setelah berolahraga atau sakit.

2. Menurunkan tekanan darah

Seperti disebutkan sebelumnya air kelapa memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga bisa membantu seseorang untuk menurunkan tekanan darah dengan menetralkan efek natrium dalam tubuh.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air kelapa juga memiliki kandungan asam laurat yang memiliki sifat antimikroba dan antijamur. Sehingga kandungan tersebut bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh terutama membantu dalam melawan infeksi.

4. Menurunkan berat badan

Seseorang yang berusaha untuk menurunkan berat badan biasanya memilih untuk mengonsumsi air kelapa sebagai minuman penyegarnya. Pasalnya air kelapa mengandung kalori yang rendah.

Selain itu air kelapa juga membantu seseorang untuk merasa kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi cemilan atau makanan ringan.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Membantu sehatkan kulit

Air kelapa mempunyai kandungan antioksidan yang secara tidak langsung bisa membantu menyehatkan kulit. Kemudian kandungan tersebut juga bisa menjaga kelembaban kulit dan mencegah jerawat.

6. Mendukung kesehatan jantung

Beberapa orang yang mengonsumsi air kelapa biasanya juga mengetahui bahwa minuman ini bisa membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dengan mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah.

7. Meningkatkan proses pencernaan

Air kelapa mengandung sebuah enzim bioaktif seperti asam fosfatase dan diastase yang ternyata bermanfaat untuk membantu meningkatkan pencernaan dalam tubuh. Biasanya seseorang yang sembelit disarankan untuk mengonsumsi air kelapa secara rutin.

Selain itu sembelit umumnya disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh sehingga mengonsumsi air kelapa menjadi sumber cairan alami yang kaya akan kandungan air serta elektrolitnya.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

8. Mengatasi mabuk

Air kelapa mempunyai manfaat yang bisa membantu menghidrasi tubuh dan menggantikan elektrolit. Sehingga hal tersebut bisa bermanfaat untuk mengatasi mabuk terutama yang hilang akibat konsumsi alkohol berlebihan.

9. Mencegah batu ginjal

Air kelapa mempunyai sifat diuretik yang mampu membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Seperti diketahui batu ginjal terjadi ketika senyawa kimia dalam urine mengeras dan mengendap membentuk kristal di dalam ginjal.

Kemudian kandungan air kelapa dipercaya bisa mencegah terjadinya penumpukkan kristal pada ginjal maupun bagian lain di saluran kemih.

10. Meningkatkan stamina

Manfaat lainnya dari air kelapa adalah mampu memberikan stamina karena kandungan karbohidrat yang ada dalam air kelapa berasal dari gula alami. Sehingga kandungan tersebut akan dipecah dan diubah menjadi glukosa.

Tidak diragukan lagi manfaat tersebut juga menjadikan air kelapa banyak dikonsumsi oleh atlet ketika beraktivitas fisik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini