Sukses

Apa Itu Daun Bidara, Berikut Manfaat Baiknya untuk Tubuh

Daun Bidara merupakan salah satu tanaman herbal yang baik untuk kesehatan. Pasalnya tanaman ini memiliki segudang kandungan baik yang bermanfaat.

Liputan6.com, Bandung - Daun Bidara merupakan tanaman yang ternyata menyimpan banyak sekali manfaat baik untuk tubuh. Meskipun asing terdengar daun ini juga diketahui menyimpan manfaat untuk pencegahan kanker.

Mengutip dari situs resmi Kab Lamongan daun bidara juga dikenal dengan istilah Ziziphus Mauritiana. Daun Bidara merupakan semak pohon yang biasanya berukuran kecil dan menyimpan segudang kandungan baik.

Diketahui daun bidara mempunyai kandungan penting seperti flavonoid, polifenol, alkaloid, siklopeptida, glikosida, minyak atsiri, saponin dammarane, mineral, vitamin, asam amino, hingga asam lemak tak jenuh ganda.

Daun ini juga menyimpan sifat antibakteri dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Melansir dari beberapa sumber daun bidara bisa diolah menggunakan sejumlah cara misalnya menjadi bahan masakan.

Daun bidara bisa dimasak sebagai tambahan tumis-tumis dengan makanan lain dan mempunyai rasa yang sepat mirip seperti daun melinjo. Kemudian juga bisa diolah sebagai minuman herbal.

Misalnya saja diolah dengan menyeduh bahan tersebut dengan air panas lalu ditambahkan dengan bahan lain misalnya lemon atau sedikit gula supaya rasanya manis. Daun bidara juga bisa ditambahkan sebagai bahan tambahan untuk makanan lainnya.

Sebagai informasi untuk mengonsumsi daun bidara bisa memilih daun bidara yang bagus. Kemudian jika ingin diolah menjadi makanan bisa memilih daun bidara yang kondisinya masih muda atau sebagai minuman bisa memilih daun yang tua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Manfaat Mengonsumsi Daun Bidara

1. Mencegah depresi

Daun bidara merupakan salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati depresi. Pasalnya tanaman herbal tersebut memberikan efek yang menenangkan dan mendinginkan tubuh.

Sehingga efek tersebut dipercaya bisa membantu mengurangi gejala depresi dan untuk meraih hasil dan manfaat yang positif bisa dengan meminum daun bidara yang direbus dan menjadi sajian teh yang bisa diminum.

2. Meningkatkan sistem pencernaan

Tanaman herbal yang satu ini mempunyai manfaat yang baik untuk meningkatkan sistem pencernaan. Daun bidara juga terkenal digunakan untuk mengobati penyakit maag atau ketika seseorang mengalami asam lambung yang naik.

Kemudian daun bidara juga dapat menghilangkan racun dalam saluran pencernaan dan membantu mengatasi masalah pencernaan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut bisa dikonsumsi dengan cara merebusnya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Selanjutnya

3. Menyembuhkan luka

Daun Bidara mempunyai sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri sehingga dinilai bisa membantu menyembuhkan bekas luka. Terutama bekas luka bakar pada kulit bisa lebih cepat sembuh dengan memanfaatkan kandungan tersebut.

Diketahui tanaman tersebut mengandung komponen tambahan seperti glikosida yang membantu mengurangi luka bakar dan menghilangkan bekas luka. Selain itu daun bidara asli juga terkenal bisa mengobati bekas luka seperti luka gores, lecet, dan kondisi lainnya

4. Mengatasi insomnia

Insomnia merupakan salah satu jenis gangguan tidur yang terjadi ketika seseorang mengalami kesulitan atau tidak bisa tidur. Penyebab dari insomnia juga bisa terjadi dari beberapa faktor dan dapat meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Adapun daun bidara disebut-sebut efektif digunakan sebagai minuman herbal yang bisa dikonsumsi sebelum tidur. Terutama untuk membantu mengatasi insomnia karena daunnya mengandung sifat antioksidan yang bermanfaat.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

5. Mencegah diabetes dan menurunkan gula darah

Kurang mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan menjalani gaya hidup tidak sehat seperti sering merokok dan lain-lain bisa menyebabkan stres oksidatif. Bahkan dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Sehingga dalam mencegah hal tersebut ekstrak daun bidara populer dikonsumsi untuk mencegah diabetes dan menurunkan gula darah. Melalui sebuah penelitian daun ini juga mengandung saponin dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan.

6. Meningkatkan kesehatan tulang, gigi, dan mengobati sariawan

Daun bidara terkenal juga dengan manfaatnya untuk memperkuat tulang dan gigi karena mengandung kalsium mineral yang tinggi. Kandungan tersebut juga menjadi solusi untuk gigi dan tulang agar tidak mudah keropos.

Selain itu daun bidara juga membantu untuk mengobati sariawan karena biasanya sariawan terjadi akibat kekurangan vitamin C. Sedangkan antioksidan yang terkandung dalam daun bidara bisa membantu mengobati masalah kesehatan tersebut.

Meskipun daun bidara menyimpan banyak sekali manfaat baik untuk tubuh perlu untuk tetap berkonsultasi dengan dokter terkait mengonsumsinya terutama untuk Anda yang mempunyai kondisi medis tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini