Sukses

Mengintip Saung Angklung Udjo, Tempat Wisata dan Edukasi Menarik di Bandung

Saung Angklung Udjo dikenal sebagai tempat wisata edukasi yang menarik di kota Bandung. Berikut ini daya tarik hingga lokasi tempat tersebut.

Liputan6.com, Bandung - Mengajak anak-anak untuk menikmati wisata edukasi tidak hanya memberikan pengalaman yang tidak terlupakan tetapi juga pengetahuan yang banyak untuk menambah wawasan baru kepada anak.

Kota Bandung misalnya tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dan kesejukan udaranya tetapi juga memiliki wisata edukasi dan budaya yang menarik untuk dipelajari. Anak-anak juga bisa merasakan pengalaman yang berharga dari menikmati wisata tersebut.

Sebagai informasi, menikmati wisata edukasi menyimpan banyak sekali manfaat baik salah satunya memperluas wawasan dan pengetahuan bagi anak. Misalnya, berkunjung ke museum bisa mengajarkan anak-anak tentang sejarah dan melihat koleksi menarik.

Kemudian beberapa tempat wisata edukasi lain juga biasanya bisa meningkatkan kreativitas dan imajinasi pada anak. Beberapa tempat juga bisa mengajarkan anak untuk mempelajari budaya tradisional yang khas.

Misalnya ketika mengunjungi Saung Angklung Udjo yang memperkenalkan anak-anak tentang salah satu budaya di Indonesia. Selain itu, wisata edukasi juga bisa mengajarkan anak tentang nilai-nilai sejarah.

Terutama untuk mengetahui tentang nilai-nilai sejarah terkait perjuangan, kebebasan, dan kemerdekaan. Anak juga bisa membangun keterampilan sosial mereka karena dapat berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa di luar lingkungan sekolah dan rumah.

Melalui artikel ini akan membahas tentang wisata edukasi populer yang ada di Bandung yaitu Saung Angklung Udjo. Tempat wisata ini menawarkan pengalaman menarik terutama terkait budaya Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lantas Apa Itu Saung Angklung Udjo?

Melansir dari situs resminya, Saung Angklung Udjo merupakan tempat wisata yang mengajak para wisatawan untuk mengenal budaya dan edukasi menarik. Tempat ini menyediakan aktivitas menarik untuk diikuti oleh anak-anak dan dewasa.

Selain itu, Saung Angklung Udjo memiliki fasilitas edukasi yang lengkap mulai dari arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu, hingga workshop untuk alat musik bambu. Tempat ini menjadi wisata edukasi menarik yang memperkenalkan budaya Sunda.

Kemudian juga terkenal sebagai tempat wisata yang bermakna bagi Bandung karena terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Sunda terutama angklung. Sebagai informasi Angklung sendiri dikenal sebagai alat musik tradisional asal Jawa Barat.

Alat musik tersebut terbuat dari bambu yang ketika digoyangkan menghasilkan suara yang harmonis. Instrumennya juga kerap digunakan pada berbagai acara kesenian mulai dari festival, upacara adat, acara budaya, dan lain-lain.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Saung Angklung Udjo

Sebagai tempat wisata Saung Angklung Udjo tentu menawarkan pengalaman berwisata yang menarik. Pasalnya tempat ini menjadi destinasi wisata edukasi populer yang berfokus untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Sunda terutama Angklung.

Kemudian terdapat sejumlah aktivitas menarik yang bisa dilakukan oleh wisatawan mulai dari menyaksikan pertunjukan yang beragam seperti penampilan wayang golek, seni tari tradisional, angklung orkestra, hingga arumba.

Wisatawan juga dapat mengikuti bermain angklung bersama atau menari bersama dalam momen-momen tertentu. Selain itu fasilitas di tempatnya juga sudah lengkap karena terdapat area menarik yang bisa dikunjungi.

Misalnya pusat kerajinan bambu, arena pertunjukkan, area workshop alat musik bambu, area parkir yang luas, musala, toilet, restoran, penginapan, dan lain-lain. Tempat ini juga memiliki toko souvenir yang menyediakan banyak benda menaring.

4 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo berlokasi di kawasan yang strategis dan populer di kota Bandung. Lebih jelasnya berada di Jl. Padasuka No. 118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Melansir dari ulasan Google tempatnya bahkan telah meraih rating 4.7 dari total 15.751 pengguna. Kemudian berlokasi di kawasan yang strategis karena tidak jauh dari terminal Cicaheum hanya berjarak sekitar 800 meter atau 4 menit perjalanan.

Sementara dari Stasiun Bandung tempat wisata tersebut bisa ditempuh dengan jarak 8,7 km atau 25 menit perjalanan. Adapun dari Alun-Alun Bandung berjarak sekitar 7 km atau 29 menit perjalanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.