Sukses

Membedah Inisiasi Helldy Agustian, Penerima Penghargaan dari Liputan6

Apa saja yang sudah dia lakukan selama menjabat kepala daerah di Kota Cilegon, Banten, sejak 2021 silam?

Liputan6.com, Cilegon Walikota Cilegon, Helldy Agustian, mendapatkan penghargaan dari Liputan6.com sebagai Tokoh Inspiratif Penggerak Kemajuan SDM dan Pendidikan Transformatif.

Lalu, apa saja yang sudah dia lakukan selama menjabat kepala daerah di Kota Cilegon, Banten, sejak 2021 silam?

Salah satunya, ada program menggratiskan Lembar Kerja Siswa atau LKS, bagi sekolah yang ada dibawah kewenangannya. Total, ada sekitar 4.500 siswa yang mendapatkannya.

"Program LKS gratis sejak tahun 2023 seluruh peserta didik SD dan SMP Negeri, sekitar 45.000 siswa, mendapatkan LKS gratis untuk semua mata pelajaran secara gratis per semester," ujar Vania Eriza, Kabid PAUD dan PNF Dindikbud Cilegon, melalui pesan elektroniknya, Kamis, (01/08/2024).

Kemudian, Pemkot Cilegon menargetkan ada 5 ribu penerima beasiswa full sarjana. Mereka bisa berkuliah di dalam dan luar negeri. Khusus perguruan tinggi swasta (PTS), sudah ada 24 yang bekerjasama.

Program tersebut sebagai langkah menciptakan generasi emas Indonesia pada 2045 nanti, seperti yang digaungkan oleh Presiden Jokowi dan Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

"Sampai dengan hari ini 3 ribu mahasiswa penerima beasiswa full sarjana dari 24 PTS yang MoU dengan pemkot, mahasiswa Kota Cilegon yang berkuliah di PTN seluruh Indonesia dan mahasiswa yang berkuliah di luar negeri," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membangun SMP Baru

Selain itu, Helldy Agustian juga telah membangun dua SMP yang sudah digunakan, yakni SMPN 12 dan 13. Sedangkan tahun 2024 ini, ditargetkan ada 2 SMP lagi yang bisa digunakan, yakni SMP 14 dan 15.

"Penambahan SMP baru, sudah dibangun dan digunakan SMP 12 dan 13. Sementara SMP 14 dan 15 sedang masa pembangunan dan akan rampung di akhir 2024," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Walikota Cilegon Helldy Agustian bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan yang diberikan Liputan6.com, sebagai Tokoh Inspiratif Penggerak Kemajuan SDM dan Pendidikan Transformatif. 

Semenjak dia menjabat sebagai kepala daerah di Kota Baja, dia menelurkan banyak program untuk kemajuan dunia pendidikan dan menjadikan Indonesia Emas 2045 mendatang.

"Pemerintah Kota Cilegon memberikan bantuan beasiswa full sarjana kepada 5000 mahasiswa, Rp3 juta per 1 semester selama 8 semester," ujar Helldy Agustian, Walikota Cilegon, Rabu, (31/07/2024).

Program lainnya yakni menyekolahkan kembali 305 siswa yang putus sekolah. Kemudian memberikan program Lembar Kerja Siswa (LKS) gratis di sekolah, membangun 4 SMP hingga program membantu membiayai Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi lebih dari 300 guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

"⁠Pemerintah Kota Cilegon mengalokasikan anggaran hingga Rp33 miliar untuk honor guru madrasah dan guru mengaji se-Kota Cilegon," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.