Sukses

6 Fakta Terbaru tentang IKN Nusantara yang Wajib Anda Ketahui

Pembangunan IKN Nusantara terus berlanjut dan menunjukkan sejumlah kemajuan signifikan. Beragam infrastruktur dasar seperti jalan utama dan jembatan penghubung sudah mencapai 40% penyelesaian.

Liputan6.com, Jakarta - Pembangunan IKN Nusantara terus menunjukkan kemajuan yang signifikan. Menurut laporan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), infrastruktur dasar seperti jalan utama dan jembatan penghubung sudah mencapai 40% penyelesaian.

Proyek ini diprioritaskan untuk memastikan konektivitas dan aksesibilitas yang optimal bagi penduduk dan pekerja di wilayah tersebut.

Berikut adalah enam fakta terbaru tentang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara:

1. Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyatakan upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim) pada 17 Agustus 2024 akan digelar dengan sangat terbatas. Menurut dia, tamu-tamu undangan HUT RI di IKN akan diprioritaskan untuk masyarakat Kalimantan Timur.

Dia meminta masyarakat di luar Kalimantan Timur menahan diri apabila ingin menghadiri upacara HUT RI di IKN. Pasalnya, saat ini transportasi menuju IKN dari Kalimantan Timur masih sangat terbatas.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan ada 1.000 tamu undangan untuk upacara kenaikan bendera di IKN. Sedangkan, untuk penurunan bendera ada 1.000 undangan.

"IKN kami mempersiapkan 1.000 di pagi hari, sore hari 1.000 plus yang 380 di main hall," ujar Heru, Jumat (2/8/2024).

2. Sidang Kabinet Perdana di IKN pada 12 Agustus 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menggelar sidang kabinet perdana di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada tanggal 12 Agustus 2024 mendatang. Jokowi akan bertolak ke IKN sehari sebelumnya pada 11 Agustus.

"Ya tanggal 11 beliau (Presiden) kesana, 12 direncanakan sidang kabinet di sana," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/7).

Basuki menyebut, kesiapan furnitur untuk sidang kabinet di IKN juga sudah dipersiapkan. Hal ini diurus Kementerian Sekretariat Negara.

"Furnitur kan dari setneg sudah disana semua, tinggal masang masang, air sudah masuk, sampai ke hotel nusantara. Insyaallah," ucapnya.

Untuk sarana prasarana, Basuki menilai sudah cukup baik. Untuk Istana Garuda dan Istana Negara di IKN juga sudah siap.

"Ya minimal jalan sudah oke, kawasan oke, istana negara istana garuda sudah," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jokowi Mulai Berkantor di IKN

Presiden Jokowi berkantor di IKN mulai hari Senin 29 Juli 2024. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ade Irfan Pulungan menyatakan, telah berkantornya Presiden Jokowi akan membuatnya bisa mengawasi langsung penyelesaian pembangunan IKN. Sehingga, semuanya agar berpacu untuk memenuhi target yang sudah dicanangkan.

Apalagi, selama ini Presiden Jokowi cukup detail dan rinci dalam mengawasi pembangunan proyek infrastruktur yang menjadi Program Strategis Nasional diseluruh Indonesia. Terbukti sejumlah proyek besar bisa selesai tepat pada waktunya.

“Sebelumnya Presiden Jokowi juga sudah beberapa kali datang ke IKN, dengan mengajak para menteri nya untuk berkemah di IKN, Semua itu dilakukan dalam rangka mengawal progres pembangunan IKN dan memberikan semangat kepada semua pihak untuk bekerja keras demi bangsa dan negara,” jelas Ade Irfan.

4. Pengusaha Kaltim Diajak Ikut Bangun IKN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melanjutkan kegiatan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa, 30 Juli 2024. Jokowi diagendakan melakukan pertemuan dengan para pengusaha Kaltim.

"Hari kedua ngantor di Istana Garuda IKN, sekitar pukul 09.30 Bapak Presiden akan menerima KADINDA (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) Provinsi Kaltim, KADINDA Balikpapan, KADINDA Samarinda, KADINDA PPU (Penajam Paser Utara), HIPMI Provinsi Kaltim, HIPMI Balikpapan, HIPMI Samarinda, HIPMI PPU," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana, Senin (29/7/2024).

Menurut dia, Jokowi ingin mengajak dan memberikan kesempatan investasi kepada pengusaha lokal di sekitar IKN. Jokowi berharap para pengusaha lokal dapat terlibat dalam pembangunan IKN.

"Presiden ingin mengajak dan memberi kesempatan kepada Para Pengusaha lokal sekitar IKN untuk ikut berperan serta dan bersama-sama menjemput masa depan di IKN," jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

5. Ratusan Artis dan Influencer Datangi IKN

 

Jokowi mengajak artis hingga influencer berkunjung ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Tujuannya, hal tersebut sebagai bentuk transparansi publik.

Jokowi mengajak sejumlah artis hingga influencer seperti Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Gading Martin dan lainnya berkunjung ke IKN pada Minggu (28/7). Kepala negara mengajak mereka menjajal jalan tol menggunakan motor.

Pada Minggu malamnya, orang nomor satu di Indonesia itu juga mengajak artis dan influencer makan malam bersama di kawasan IKN.

"Terkait kehadiran para influencer di IKN bersama Presiden Jokowi, beberapa hari lalu, saya ingin menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk transparansi ke publik," kata Staf Khusus Presiden Grace Natalie, Selasa (30/7).

Menurutnya, sudah banyak warga masyarakat yang penasaran dengan IKN. Namun, karena saat ini masih terus berlangsung proyek pembangunan, maka IKN belum bisa dibuka untuk dikunjungi publik.

"Harus bergantian. Selain penggiat media sosial, selanjutnya akan diundang juga pimpinan media, perwakilan tokoh-tokoh masyarakat lokal dan ormas. Agar bisa menyaksikan sendiri pembangunan IKN dan menyampaikan informasi yang benar ke komunitasnya masing-masing," tuturnya.

6. Target Penyelesaian Tahap Pertama

Pemerintah Indonesia menargetkan penyelesaian tahap pertama pembangunan IKN Nusantara pada tahun 2024. Tahap ini mencakup pembangunan gedung pemerintahan, perumahan bagi ASN, serta fasilitas umum seperti rumah sakit dan sekolah.

Laporan dari Kementerian Sekretariat Negara menyatakan bahwa persiapan untuk pemindahan sebagian besar kantor pemerintahan ke IKN Nusantara sudah dalam tahap finalisasi.

 Dengan berbagai perkembangan ini, IKN Nusantara tidak hanya menjadi simbol kemajuan Indonesia, tetapi juga membawa harapan baru bagi masa depan yang lebih berkelanjutan dan modern. Tetaplah mengikuti berita terbaru untuk mendapatkan informasi terkini tentang proyek ambisius ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.