Sukses

Intip, 10 Jus Buah Segar yang Bisa Turunkan Kolesterol

Bagi penderita kolesterol tinggi tentu ada makanan dan minuman yang harus diperhatikan. Adapun berikut ini 10 jus buah yang dikenal bisa menurunkan kolesterol.

Liputan6.com, Bandung - Setiap manusia memiliki kolesterol dalam tubuhnya karena kolesterol memiliki fungsi penting bagi tubuh. Kolesterol juga dikenal sebagai lemak yang diproduksi secara alami oleh organ hati.

Melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kolesterol merupakan lemak yang biasanya ada dalam darah, otak, empedu, dan batu empedu. Bagi tubuh kolesterol memiliki fungsi yang penting dan bermanfaat.

Misalnya saja untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Namun jika kadar kolesterol melebihi batas normal maka bisa menumpuk di pembuluh darah dan membentuk plak yang justru menyumbat pembuluh darah.

Terutama jika kadar kolesterol terlalu tinggi bisa mengganggu kesehatan tubuh dan berbahaya bagi seseorang. Sebagai informasi ketika kadar kolesterol terlalu tinggi biasanya disebut dengan kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi paling sering dialami oleh orang dewasa namun tidak menutup kemungkinan juga bisa dialami oleh anak-anak. Jika kolesterol tinggi tidak ditangani dengan tepat bisa menyebabkan kondisi yang lebih serius seperti stroke atau serangan jantung.

Untuk menghindari hal tersebut perlu adanya gaya hidup yang baik terutama menjaga asupan makanan dan minuman yang sehat. Bagi seseorang yang sering mengalami kolesterol tinggi juga perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak memicu kolesterol tinggi.

Melalui artikel ini terdapat 10 jenis jus buah yang bisa dikonsumsi dan dikenal ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar 10 Jus Buah Segar yang Bisa Turunkan Kolesterol

1. Jus Jeruk

Jus Jeruk merupakan salah satu minuman yang terkenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Buah jeruk juga memiliki kandungan flavonoid, carotenoid dan asam askorbat yang membuatnya dapat menurunkan kolesterol.

Bahkan seseorang yang meminumnya secara rutin bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol total dan LDL dalam darah. Pastikan untuk meminum jus jeruk segar tanpa penambah gula karena minuman ini juga baik untuk kesehatan tubuh yang lain.

2. Jus Semangka

Semangka merupakan buah yang kaya akan mineral, pektin, serat, flavonoid, vitamin C, hingga provitamin A. Buah ini tidak hanya kaya akan manfaat tetapi juga segar untuk diminum karena menyimpan kadar air yang banyak.

Sehingga jus semangka dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan memiliki manfaat baik lainnya untuk tubuh. Mulai dari melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang berbahaya dan lain-lain.

3. Jus Nanas

Buah Nanas yang diolah menjadi jus bisa menjadi pilihan minuman untuk menurunkan kadar kolesterol. Pasalnya minuman ini mengandung serat tinggi yang bisa membantu meningkatkan ekskresi empedu dan mengurangi siklus enterohepatik.

Diketahui ketika siklus tersebut berkurang maka akan lebih banyak kolesterol yang terbuang sehingga kadarnya pun ikut menurun.

4. Jus Alpukat

Jus Alpukat juga populer menjadi minuman yang bisa menurunkan kolesterol karena kandungannya yang baik. Minumannya diketahui bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah terutama untuk penderita obesitas.

3 dari 4 halaman

Berikutnya

5. Jus Apel

Apel merupakan buah yang mengandung serat dan polifenol sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol LDL. Selain itu kandungan polifenolnya mampu mencegah penumpukkan kolesterol LDL di pembuluh darah arteri.

6. Jus Tomat

Jus Tomat termasuk dalam minuman yang mengandung senyawa likopen sehingga baik untuk meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol jahat (LDL). Kemudian jus tomat juga memiliki serat dan niasin yang bisa menurunkan kolesterol jahat.

7. Jus Buah Naga

Buah Naga merupakan buah yang mengandung mineral, vitamin C, dan provitamin A yang baik untuk tubuh. Mengonsumsinya menjadi jus juga dipercaya dapat mengontrol kadar kolesterol dan mengandung manfaat baik lainnya untuk tubuh.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

8. Jus Anggur

Jus Anggur populer sebagai minuman yang bisa menurunkan kolesterol karena kandungan buahnya yang baik. Seperti misalnya terdapat kandungan polifenol, serat, mineral, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, hingga provitamin A.

9. Jus Jambu Biji

Jambu Biji merupakan buah yang mengandung vitamin C, serat, pektin, tanin, hingga mineral. Kandungan tersebut sangat diperlukan oleh tubuh dan dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

10. Jus Belimbing

Jus Belimbing bisa menjadi minuman yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol tinggi. Pasalnya buah ini mengandung banyak manfaat baik mulai dari pektin, mineral, serat, vitamin C, hingga provitamin A.

Minumannya tidak hanya membantu menurunkan kadar kolesterol tetapi juga meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan tekanan darah serta gula darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.