Sukses

Simak, 6 Jenis Kandungan Vitamin yang Dapat Menurunkan Kolesterol

Berikut ini jenis-jenis kandungan vitamin yang dipercaya bisa menurunkan kolesterol.

Liputan6.com, Bandung - Kolesterol merupakan salah satu zat penting di dalam tubuh yang memiliki fungsi tersendiri. Misalnya, bermanfaat untuk pembentukan sel, produksi hormon, hingga pembuatan vitamin D dan asam empedu.

Kandungan zat tersebut tidak hanya ada di dalam tubuh manusia tetapi juga bisa ditemukan dari sejumlah makanan hewani lain. Seperti misalnya ditemukan pada daging, telur, bahkan produk susu.

Meskipun kehadiran kolesterol sangat penting untuk tubuh jika kadarnya terlalu tinggi bisa berbahaya bagi kesehatan. Sebagai informasi kolesterol terbagi menjadi dua jenis utama yaitu kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein).

Kemudian terdapat kolesterol HDL (High-Density Lipoprotein) dan biasanya jenis kolesterol LDL disebut sebagai kolesterol “jahat”. Pasalnya jenis tersebut bisa menyebabkan penumpukkan plak di dinding arteri.

Sehingga penumpukannya berbahaya untuk tubuh karena dapat menghambat aliran darah dan meningkatkan risiko penyakit seperti stroke atau serangan jantung. Adapun kolesterol HDL atau disebut dengan kolesterol “baik”.

Karena HDL dapat membantu mengangkut kolesterol dari arteri kembali ke hati untuk diolah dan dikeluarkan dari tubuh. Selain itu, manusia juga perlu memperhatikan kadar kolesterol mereka agar tidak berdampak buruk untuk kesehatan.

Terutama jika mengalami kadar kolesterol tinggi bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah kesehatan yang buruk. Sehingga perlu untuk memperhatikan pola makan sehat, olahraga, dan pemeriksaan rutin dalam menjaga kesehatan diri.

Artikel ini akan membahas 6 jenis kandungan vitamin yang biasanya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Berikut ini adalah jenis-jenisnya melansir dari beberapa sumber yang telah dirangkum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Jenis Kandungan Vitamin yang Dapat Menurunkan Kolesterol

1. Vitamin B3 (Niacin)

Niacin adalah salah satu jenis Vitamin B yang dikenal bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Dosis vitamin B3 yang dianjurkan pun sekitar 2-3 gram per hari.

Meskipun memberikan dampak yang baik untuk menurunkan kolesterol perlu untuk diperhatikan penggunaannya. Terutama jika menggunakan suplemen yang mengandung niacin terdapat sejumlah efek samping misalnya gangguan pencernaan, nyeri otot, atau ruam.

Terdapat beberapa makanan yang mengandung vitamin B3 misalnya daging merah, ikan, atau kacang-kacangan.

2. Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin baik yang memiliki peran penting dalam metabolisme lipid dan kesehatan jantung. Selain itu seseorang yang kekurangan vitamin D sering dikaitkan dengan peningkatan risiko kolesterol tinggi dan penyakit kardiovaskular.

Sebagai informasi vitamin D bisa ditemukan dari sinar matahari atau makanan laut, jamur maitake, kuning telur, susu kedelai, hingga oatmeal.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

3.Vitamin C

Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang populer digunakan untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi. Selain itu vitamin ini mengandung antioksidan yang membantu mengurangi peradangan serta mencegah oksidasi kolesterol LDL.

Selain bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi vitamin C juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan fungsi pembuluh darah hingga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Contoh  makanan yang mengandung vitamin C biasanya bisa ditemukan dalam buah-buahan seperti jeruk, mangga, nanas, stroberi, jambu, tomat, dan lain-lain. Kemudian juga dapat ditemukan pada sayuran seperti paprika, brokoli, kentang, dan masih banyak lagi.

4. Vitamin E

Vitamin E memiliki kandungan baik dan sifat antioksidan yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga vitaminnya bisa bermanfaat untuk mencegah oksidasi kolesterol LDL dan mengurangi risiko kolesterol tinggi.

Kemudian vitamin E juga dipercaya bisa meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan jantung. Makanan yang mengandung vitamin E contohnya bayam, salmon, almond, alpukat, dan lain-lain.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

5. Vitamin K2

Melansir dari National Center for Biotechnology Information vitamin K2 dapat membantu mengatur penggunaan kalsium dalam tubuh dan mencegah penumpukkan kalsium di arteri yang bisa memperburuk kondisi kolesterol tinggi.

Selain itu Vitamin K2 juga dapat membantu menjaga elastisitas pembuluh darah dan mengurangi risiko aterosklerosis. Makanan yang mengandung vitamin K2 di antaranya natto, belut, keju, hati sapi, ayam, dan masih banyak lagi.

6. Vitamin B5 (asam pantotenat)

Mengutip dari School of Public Health Harvard asam pantotenat atau Vitamin B5 secara alami yang ada dalam makanan bisa membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dalam darah.

Vitaminnya bahkan berperan untuk metabolisme lemak dan produksi energi serta dapat membantu memperbaiki dinding arteri yang rusak. Vitamin B5 bisa ditemukan pada makanan seperti gandum utuh, kacang polong, telur, yogurt, dan lain-lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.