Sukses

Tanggal 2 Agustus 2024 Memperingati Hari Apa, Berikut Daftar Hari Pentingnya

Pada tanggal 2 Agustus 2024 terdapat sejumlah perayaan unik yang bisa diperhatikan. Berikut ini daftar hari pentingnya.

Liputan6.com, Bandung - Setiap negara di dunia tentu memiliki hari-hari penting dalam kalendernya yang biasanya merayakan banyak hal. Misalnya hari penting terkait perayaan nasional, peringatan bersejarah, agama, dan perayaan lainnya yang bermakna untuk masyarakat.

Contohnya saja di Indonesia bulan Agustus identik dengan bulan kemerdekaan karena seluruh masyarakat Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya.

Perayaan tersebut tidak hanya menjadi pengingat terhadap perjuangan bangsa dalam meraih kemerdekaan tetapi juga penting untuk memperkuat rasa nasionalisme dan menghormati sejarah serta budaya Indonesia.

Kemudian peringatan dalam kalender biasanya bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran terkait isu-isu tertentu. Misalnya Hari Bumi yang bertujuan untuk membuka pandangan masyarakat dalam memperhatikan lingkungan.

Adapun pada tanggal 2 Agustus 2024 terdapat beberapa peringatan menarik mulai dari yang unik hingga penuh makna. Berikut ini daftar hari penting yang jatuh di tanggal 2 Agustus melansir dari beberapa sumber.

2 dari 4 halaman

Daftar Hari Penting 2 Agustus

1. Hari Buku Mewarnai Nasional

Melansir dari Days of the Year Hari Buku Mewarnai Nasional diperingati pada tanggal 2 Agustus setiap tahunnya. Peringatan ini bertujuan untuk menghidupkan kembali salah satu mainan yang bermanfaat untuk anak-anak.

Buku mewarnai tidak hanya memberikan hiburan kepada anak tetapi juga baik untuk kesehatan. Masyarakat Amerika Serikat biasanya merayakan peringatan ini dengan sejumlah kegiatan menarik misalnya membeli atau mencari barang-barang untuk mewarnai.

Baik anak-anak atau orang dewasa juga bisa melakukan kegiatan tersebut terutama untuk mengenang masa kecil. Kemudian mewarnai juga menjadi aktivitas santai yang dapat dilakukan bersama teman atau sendiri.

Sejarah peringatannya diluncurkan pada Mei 2015 oleh Dover Publications yang bertujuan untuk menyoroti kegembiraan dan manfaat mewarnai. Mengingat aktivitas mewarnai pun sudah ada sejak lama bertahun-tahun yang lalu.

3 dari 4 halaman

2. Braham Pie Day

Braham Pie Day merupakan perayaan unik yang diadakan setiap tahun pada hari Jumat pertama di bulan Agustus. Pada tahun ini peringatannya jatuh pada tanggal 2 Agustus dan menjadi perayaan unik yang bermakna.

Sejarah Braham Pie Day dimulai sejak tahun 1930-an dan 1940-an ketika kota Braham menjadi tempat perhentian populer untuk para pelancong menuju rumah danau atau menggunakan jalan pintas ke Duluth.

Kemudian kafe park setempat menjadi terkenal ketika pie buatan mereka terasa lezat. Sehingga di tahun 1990 Gubernur Rudy Perpich menyatakan secara resmi Braham sebagai “Ibukota Pie Buatan Rumah Minnesota”.

Adapun perayaannya pertama kali diadakan pada tahun yang sama sebagai sebuah acara sosial sederhana dengan pie dan es krim. Tentunya untuk merayakan peringatan ini bisa dilakukan dengan banyak cara mulai dari memasak pie atau mendukung toko roti lokal yang menjual pie.

4 dari 4 halaman

3. Hari Balon Air Nasional

Hari Balon Air Nasional atau National Water Balloon Day merupakan peringatan yang berasal dari Amerika. Peringatan ini digelar setiap hari Jumat pertama di bulan Agustus sehingga pada tahun 2024 jatuh di tanggal 2 Agustus.

Perayaan ini memiliki tujuan untuk merayakan indahnya menyaksikan balon-balon berisi air yang digoyang-goyangkan ketika musim panas. Selain itu kegiatan tersebut menjadi kegiatan menarik yang menyenangkan ketika memasuki puncak musim panas.

Adapun sejarah pelaksanaannya pertama kali dilakukan pada tahun 2019 ketika Kota Newmarket di New Hampshire menjadi yang pertama kali mengadakan peringatan tersebut. Cara merayakan peringatan ini bisa dilakukan dengan banyak aktivitas menyenangkan.

Misalnya mengadakan pertarungan balon air bersama teman atau keluarga, melakukan permainan balon air klasik, dan permainan lainnya yang memanfaatkan balon air.