Sukses

Wujudkan IGA, PAMA Bantu Peralatan UMKM Kelompok Nelayan Manggar di Balikpapan

Dukungan PT Pamapersada Nusantara (PAMA) kepada Program Income Generate Activity (IGA) khususnya untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kembali ditunjukkan. Salah satunya dengan pelaksanaan pemberian bantuan peralatan.

Liputan6.com, Balikpapan - PT Pamapersada Nusantara (PAMA) kembali menunjukkan dukungan terhadap Program Income Generate Activity (IGA) khususnya untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dukungan tersebut dilakukan dengan pelaksanaan pemberian bantuan peralatan. Bantuan tersebut menyasar UMKM Kampung Mandiri RT 48 Manggar, Balikpapan Timur.

Human Capital General Services / HCGS Departement Head M. Banuarto Adhisaputro didampingi CSR Officer Aziz Kusuma Aji menjelaskan bahwa, UMKM Kampung Mandiri RT 48 Manggar adalah satu di antara sekian UMKM Kelompok Nelayan yang telah menjadi binaan PAMA BPOP sebagai bentuk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Kepada mereka, secara berkala diberikan pembinaan, di mana sebelumnya telah dilakukan pelatihan teknis pembuatan produk olahan untuk meningkatkan kualitas produk pada 27 Juni 2024 lalu.

“Dan kali ini kebutuhan pembinaan adalah dengan pemberian bantuan peralatan dan perlengkapan. Dengan tujuan agar UMKM semakin efektif dalam waktu berproduksi, dan meningkatkan kualitas produksi,” ucap Banuarto.

Adapun peralatan dan perlengkapan yang diberikan PAMA antara lain meja kerja usaha, timbangan digital makanan, alat sealer vakum plastik, blender dan aksesorisnya, penggiling mie, serta tempat sampah besar berpenutup. Penyerahan dilakukan langsung kepada Ketua UP2K Kampung Mandiri RT 48 Jumriah dan disaksikan Ketua RT 48 Kelurahan Manggar, Udin.

“Tentu bantuan ini tidak berhenti sampai di sini. Selanjutnya, PAMA punya rencana pelatihan untuk meningkatkan varian produksi dengan proyeksi untuk meningkatkan nilai jual produk,” imbuh Aziz.

Sementara itu perwakilan dari UP2K Mawar Merah selaku pendamping UP2K Kampung Mandiri, Rita Erna Suzana mengungkapkan rasa syukurnya terhadap bantuan dari PAMA tersebut. Dirinya bercerita bagaimana sebagai ibu rumah tangga, dirinya bisa maju dan berkembang melalui UMKM berkat bantuan dari PAMA BPOP.

“Saya usaha dari nol dibantu oleh PAMA. Dari yang tidak punya apa-apa sekarang Alhamdulillah bisa membantu keluarga dan orang-orang di sekitar. Belum lagi bantuan PAMA untuk memasarkan produk UMKM salah satunya melalui Galeri PAMA di Bandara SAMS Sepinggan. Ini sangat membantu. Dan di 2024 ini saya pun bisa meraih penghargaan dari Astra Internasional. Terima kasih kepada PAMA,” ucap Rita.

Terpisah, Chief PAMA Balikpapan Operation (BPOP) Expert Sulasman menjelaskan, sebagai salah satu perusahaan yang berkomitmen dalam peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, khususnya kepada UMKM binaan, maka sudah menjadi tujuan bagi PAMA untuk ikut membina UMKM yang ada di Balikpapan utamanya melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Pilar Economic IGA.

“Berawal dari proposal rekan-rekan UMKM Kampung Mandiri RT 48 Manggar, yang ingin semakin maju dan berkembang. Di mana dalam waktu dekat mereka juga akan menerima audit dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, maka PAMA memiliki tanggung jawab untuk membantu sebagai Komitmen Bersama CSR PAMA 2024,” ucap Sulasman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.