Sukses

Upaya Pj Gubernur Bahtiar Jadikan Sulbar Provinsi Mandiri Bidang Hortikultura

Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin mengajak sejumlah piminan OPD dan pejabat teras di provinsi ke-33 itu study karya inovasi di Barru

Liputan6.com, Barru - Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin mengajak sejumlah piminan OPD dan pejabat teras di provinsi ke-33 itu study karya inovasi. Dia mengajak mereka ke sejumlah daerah di Sulsel yang memiliki pertanian hortikultura yang tengah berkembang pesat.

Terbaru, Bahtiar memboyong mereka ke Desa Jangan, Kecamatan Pujananting, Barru di Sulsel, di daerah itu terdapat kawasan yang mana warganya bertani nanas madu yang di ekspor ke luar negeri. Saat menjabat Pj Gubernur Sulsel, dia memberikan 300 ribu bibit nanas madu gratis yang sudah ditanami oleh warga. 

Kadis Pertanian dan Hortikultura Barru, Achmad HT mengatakan, budidaya nanas madu ini dipelopori seorang petani milenial. Dimana, dia menaman nanas madu di lahan seluas 150 hektare, dimana sekali panen dia bisa menghasilkan Rp250 juta hingga Rp300 juta per hektarenya.

"Saat ini warga sudah menanam 50 hektar di atas lahan pebukitan. Pembeli yang datang ke sini Pak. Mereka membawa mobil dan membeli dalam jumlah banyak" ungkap Achmad HT, Jumat (02/08/24).

Hal inilah yang mendasari Pj Bahtiar mengajak OPD Sulbar agar bisa menjadi pemicu menjadikan nenas sebagai salah satu produk pertanian di daerah ini. Apalagi Ph tanah di Sulbar sangat subur dan memiliki kesamaan dengan kawasan nenas di Barru. 

"Daerahnya kurang lebih sama yakni pebukitan dan tanahnya sama. Malah di Sulbar merata untuk ukuran lahan. Apalagi di Kabupaten Mamasa" ujar Bahtiar.

"Masyarakat Sulbar harus ditanam yang banyak supaya produksinya besar, supaya ini bisa menjadi sumber kehidupan masyarakat Sulbar," sambung Bahtiar.

Sedangkan, Sekprov Sulbar Muhammad Idris mengaku terkesan melihat pola perkebunan yang ada di Barru. Walaupun sebenarnya sudah ada beberapa petani yang menanam di Majene dan Polman, tetapi masih skala kecil dan perkebunan biasa. 

"Terima kasih Pak Gubernur (Bahtiar). Luar biasa. Gubernur kita ini lain dari yang biasa. Karena beliau bisa langsung menerapkan bagaimana keluar dari satu masalah sekaligus menjemput satu opurtunity dan peluang yang luar biasa dan ini yang kami hadapi di sana" ujar Idris. 

Menurut Idris, bukan hari ini saja Pemprov Sulbar akan berkunjung ke perkebunan nanas madu, tetapi akan ada tindak lanjut atas kedatangan para OPD Pemprov Sulbar di Barru. Termasuk apakah nantinya akan mengajak para penyuluh, mahasiswa dan anak anak muda yang tertarik untuk menanam nenas. 

"Saya takin, tanaman nanas ini akan sangat menjanjikan bagi warga Sulbar apalagi lahan lahan di Sulbar masih sangat luas. Sekaligus dapat membuka lahan pekerjaan bagi milenial Sulbar," tutup Idris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini