Sukses

KM Niki Sejahtera Terbakar di Laut Masalembu, Bagaimana Nasib Penumpang?

Sebanyak 125 penumpang, 44 ABK dan 81 penumpang dinyatakan selamat.

Liputan6.com, Banjarmasin - Pasca-insiden kebakaran Kapal Motor (KM) Niki Sejahtera, Kamis, (1/8/2024) di perairan Masalembu, ratusan penumpang dan anak buah kapal (ABK) sudah tiba di Dermaga Trisakti Banjarmasin, Kalsel, Jumat (2/8/2024). Sebanyak 125 penumpang, 44 ABK dan 81 penumpang dinyatakan selamat.

Seluruhnya berhasil dievakuasi menggunakan Kapal Navigasi (KN) Singa Laut Bakamla. Para penumpang kemudian dipindahkan satu persatu menggunakan pelampung.

Terlihat jelas suasana penumpang yang semringah setelah KN Singa Laut Bakamla berhasil bersandar di dermaga dan bertemu dengan keluarganya.

Komandan Bakamla KN Singa Laut 402, Letnan Kolonel (Letkol), M. Ritaudin mengatakan, saat mengevakuasi para penumpang, beberapa di antaranya mengalami luka bakar. Kemudian ada 2 korban penumpang lainnya mengalami trauma dan sesak napas.

"Terdapat 1 orang mengalami luka bakar, satunya lagi mengalami struk ringan atau trauma, dan ada juga yang mempunyai penyakit bawaan yaitu asma satu orang," ungkapnya.

Para korban tersebut sudah dibawa ke rumah sakit yang berada di Kota Banjarmasin, yakni RSUD Anshari Saleh dan Rumah Sakit TPT Soeharsono.

"Penyebab terbakarnya kapal disebabkan oleh salah satu mobil milik penumpang yang berada di car deck lantai 2 kapal, adapun muatan kapal tersebut membawa 25 Truk besar, 6 truk sedang, 7 mobil dan 8 motor," ucap Ritaudin.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyelamatan dan Evakuasi

Ia membeberkan, saat itu pihaknya mendapatkan informasi bahwa KM Niki Sejahtera rute Surabaya menuju Banjarmasin mengalami kebakaran di perairan Masalembo yang diakibatkan oleh kebakaran di deck kendaraan.

"Lokasi kebakaran kapal berada di posisi Masalembu dengan Koordinat: 5°11'9.24"S - 113°44'8.22"E," ungkapnya.

Setelah dievakuasi, para korban diserahkan oleh tim kesehatan untuk diberikan perawatan medis dan dikembalikan kepada keluarganya.

"Kita serah terima dan dari kami menyerahkan tim kesehatan untuk memeriksa keseluruhan setelah itu akan kita serahkan ke keluarga," tuturnya.

Sementara itu, salah satu korban Kapal Niki Sejahtera, Alex (40) menyampaikan, waktu kejadian itu, dirinya bersama dengan temannya di atas tidak mengetahui jika ada insiden tersebut.

"Waktu itu saya tidak mengetahui adanya kebakaran karena saya tertidur, pas saya bangun tiba-tiba ada asap di bagian kapal," jelasnya.

Alex mengaku merasa panik, karena ini pertama kalinya mendapatkan peristiwa seperti ini namun ia tetap berusaha tenang dan langsung mengalihkan perhatiannya saat kapal KN Singa Laut tiba membantunya.

"Sempat panik, karena walaupun sering naik kapal tetapi baru pertama kali saya mengalami insiden seperti ini tetapi pas melihat ada kapal akan membantu saya langsung alihkan perhatian saya ke sana walaupun yang lain masih panik," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.