Sukses

Penilaian Idris Laena Terhadap Transformasi BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir mengandalkan motto AKHLAK sebagai upaya membuat BUMN bertransformasi.

Liputan6.com, Semarang - Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Golkar Dr. Ir HM.Idris Laena, MH menyampaikan apresiasinya atas kinerja Kementerian BUMN periode 2019-2024.

"Kami menilai beliau telah berhasil melakukan tranformasi menyeluruh di Kementerian dan semua perusahaan BUMN," kata Idris Laena saat mengikuti FGD yang mengambil Thema Kinerja BUMN 2019-2024 dan Road Map BUMN 2024-2034 yang digelar di Hotel Bali Beach Sanur Bali, Sabtu (3/8/2024). 

Ditambahkan, Menteri BUMN Erick Thohir menekankan pentingnya nilai inti AKHLAK sebagai bagian dari upaya transformasi total Kementerian BUMN, induk holding BUMN maupun anggota grup BUMN menjadi lebih profesional. 

Penilaian positif tersebut didasarkan pada road mapnya yang sangat jelas. Misalnya skala prioritas. Selain itu dari Human Capital Development-nya juga berjalan sesuai dengan skill dan kompetensinya.

"Terhadap Direksi yang menyimpang juga tegas ada punishment," katq Idris .

Menurut Idris Laena saat ini ada 5 BUMN yang masuk katagori Word Class Company. Dan meskipun dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, sebagian dari BUMN ada yang mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN), deviden yang disetorkan BUMN tersebut juga meningkat.

"Road map yang telah dijabarkan dalam bentuk Rancangan Undang-Undang (RUU) BUMN yang baru harus segera disahkan," katanya.

Menurutnya Pemerintahan baru Prabowo-Gibran perlu mempertimbangkan agar menteri BUMN berikutnya memiliki mindset yang sama seperti Erick Thohir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini