Sukses

Pj Bahtiar Akan Jadikan UPTD Beroangin Pusat Peternakan Modern di Sulbar

Bahtiar akan konsen memanfaatkan lahan yang ada di UPT Beroangin untuk peternakan sapi moderen

Liputan6.com, Polewali Mandar - Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin memantau pusat peternakan dan perkebunan UPTD Beroangin yang ada di Polewali Mandar. Hal itu dia lakukan sebagai pervandingan setelah melakukan studi karya inovasi di sejumlah daerah di Sulsel beberapa hari yang lalu.

Bahtiar mengatakan, dirinya akan konsen untuk memanfaatkan lahan yang ada di UPT Beroangin untuk peternakan sapi moderen. Menurutnya, lahan yang ada di Sulbar untuk peternakan sangat terbatas, karena itu dia mendorong masyarakat untuk migrasi profesi untuk memanfaatkan lahan kecil dengan beternak.

"Dalam jangka panjang 50 tahun kedepan pasti penduduk kita bertambah dua kali lipat. Lahan pertanian-perkebunan tidak bertambah, maka jika kita hanya bergerak pada alami kalau jumlah penduduk bertambah berarti jumlah lahan kebun pertanian bertambah. Nah risikonya alam jadi rusak," ujar Bahtiar.

Untuk menjalankan niatannya itu, Pj Bahtiar akan segera merampungkan rencana pembentukan Dinas Peternakan di Pemprov Sulbar. Sepekan terakhir dia telah mengajak sejumlah pejabat melakukan studi karya inovatif disejumlah kabupaten. 

"Hal itu (studi karya inovatif) juga sebagai langkah percepatan mempersiapkan produk pertanian dan peternakan dalam menyangga kebutuhan di IKN," jelas Bahtiar.

Sedangkan, Kepala UPTD Beroangin Nurdin mengaku bersemangat atas kunjungan Pj Bahtiar dengan beberapakali mengajukan berbagai keluhan sekaligus usulan. Hal itu dia lakukan setelah dirinya melihat langsung program Pj Bahtiar dalam dunia peternakan. 

"Kami bersyukur atas kedatangan Pj Gubernur di UPTD yang menangani Sapi Bali, kami sangat bergembira dan sangat berterimakasih," ucap Kepala UPTD Nurdin.

Lanjut Nurdin, kunjungan ini memberikan motivasi untuk bisa mengembangkan khususnya pembibitan Sapi Bali di UPTD. Dia berharap, nantinya pembibitan ini berkembang dan bisa sebagai sumber PAD Sulbar dan berdampak langsung ke masyarakat.

"Apalagi, banyak masyarakat dipekerjakan dalam pengembangan Sapi bali. Selama kami memelihara 130 sapi dan 50 induk sapi. Semoga, melalui program yang dicanangkan oleh Pj Bahtiar melalui pengelolaan peternakan modern maka produksi sapi di Sulbar akan semakin meningkat," tutup Nurdin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.