Sukses

Menengok Kandidat Terkuat di Pilkada Kota Samarinda

Lembaga survei dan konsultan politik, SeMAR’T POLITICA merilis survei terbaru elektabilitas calon terkuat di Pilkada Kota Samarinda. Siapa yang terkuat?

Liputan6.com, Samarinda - Lembaga survei dan konsultan politik, SeMAR’T POLITICA merilis survei terbaru elektabilitas calon terkuat Kandidat Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Samarinda 2024.

Direktur SeMAR’T POLITICA Gery menuturkan, survei tersebut dilakukan pada 21 hingga 29 Juli 2024, menyasar seluruh warga negara di Kota Samarinda yang telah berusia 17 tahun ke atas atau yang telah menikah.

Gery menegaskan, penarikan sampel dilakukan dengan motode Multistage random sampling dengan jumlah sampel 440 responden, dengan margin of error sekitar 4,8 persen di mana setiap individu dalam populasi memiliki peluang yang sama untuk terpilih.

Metode pengambilan data dilakukan secara wawancara tatap muka dengan responden menggunakan instrumen berupa kuesioner.

Hasilnya, dari 7 nama calon Wali Kota Samarinda yang ditanyakan kepada responden, 4 calon terkuat Kandidat Wali Kota adalah Andi Harun dengan persentase 86,4 persen, kemudian Barkati 2,7 persen, Rusmadi 1,8 persen dan Agus Tri Sutanto 1,6 persen.

Adanya nama Andi Harun pada posisi teratas diperkirakan karena posisinya sebagai petahana, Barkati diperkirakan karena merupakan calon Wali Kota pada Pilkada sebelumnya, Rusmadi diperkirakan karena kedudukannya sebagai petahana Wakil Wali Kota saat ini.

Hal mengejutkan terjadi pada posisi keempat, yaitu munculnya nama Agus Tri Sutanto, yang merupakan nama yang baru muncul belakangan ini, sebagai calon yang berasal dari ASN / birokrat dan merupakan jajaran pengurus organisasi keagamaan besar di Indonesia.

Dari hasil tersebut menurut Gery, elektabilitas petahana Andi Harun sebagai Calon Wali Kota Samarinda belum tertandingi dengan angka survei terbaru di atas 80 persen.

 

 

 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rusmadi Kandidat Terkuat Calon Wakil Wali Kota Samarinda

Sedangkan dari 10 nama yang ditanyakan kepada responden, 4 calon terkuat Kandidat Wakil Wali Kota adalah Rusmadi 20,5 persen, Barkati 15,7 persen, Agus Tri Sutanto 10,9 persen, dan Sarwono 6,8 persen.

Nama Barkati berada pada urutan pertama diperkirakan karena merupakan calon Wali Kota pada Pilkada sebelumnya, Rusmadi diperkirakan karena kedudukannya sebagai petahana Wakil Wali Kota saat ini, Agus Tri Sutanto sebagai calon yang berasal dari ASN / Birokrat, dan kemudian Sarwono sebagai calon Wakil Wali Kota pada Pilkada sebelumnya.

Hal mengejutkan terjadi pula pada posisi ketiga calon Wakil Wali Kota, yaitu munculnya nama Agus Tri Sutanto yang merupakan nama yang baru muncul belakangan ini.

Dari data survei terhadap 10 orang Calon Wakil Walikota, urutan elektabilitas adalah Rusmadi 20,5 persen, Barkati 15,7 persen, Agus Tri Sutanto, 10,9 persen, Sarwono 6,8 persen, H. Subandi 5,7 persen, Darlis 5,5 persen, Zairin Zain 3,6 persen, Saefuddin Zuhri 3,5 persen, Safaruddin 2,5 persen, Nindya Listiono 0,9 persen, lain-lain. (Belum menjawab, rahasia, tidak tahu, tidak jawab 24,7 persen).

“Dari hasil survei dengan perolehan angka elektabilitas tidak terpaut jauh dan adanya responden yang belum memilih 24,7 persen, maka untuk posisi Calon Wakil Wali Kota masih sangat dinamis,” ujar Gery Mohammad Iqbal.

“Beberapa simulasi nama yang diajukan kepada responden, jika disimulasikan Rusmadi dan Barkati tidak maju, Agus Tri Sutanto unggul jauh dari perolehan survei, dengan persentase 22,7 persen, menyusul H Subandi 11,6 persen dan Sarwono di 11,1 persen,” tegas Gery.

Gery memastikan lembaga survei miliknya sudah tergabung dengan perkumpulan survei opini publik Indonesia atau Persepi, sehingga keakuratan data surveinya bisa dipertanggungjawabkan.

“Lembaga survei kami (SeMAR’T POLITICA) sudah tergabung di Persepi, kami lakukan survei secara profesional dan data kami sangat bisa dipertanggungjawabkan,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini