Sukses

Mengenal, 6 Wisata Alam Indah di Sumatera Barat

Sumatera Barat dikenal sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki wisata alam mempesona. Berikut ini daftar 6 wisata alam menark yang ada di Sumatra Barat.

Liputan6.com, Bandung - Sumatra Barat merupakan salah satu provinsi yang berada di Pulau Sumatra dan terkenal dengan keindahan alam hingga warisan budaya yang beragam. Melansir dari situs resmi Kemenparekraf terdapat sejumlah wisata alam tersembunyi di daerah tersebut.

Bahkan, wisata alamnya memiliki banyak potensi unggul yang menawarkan keindahannya yang memesona. Kemudian, Sumatra Barat merupakan salah satu daerah yang dikelilingi oleh gunung berapi dan danau.

Sehingga wilayahnya menjadi salah satu provinsi yang kaya akan destinasi wisata alam. Selain itu, menikmati wisata alam tidak hanya menawarkan hiburan tetapi juga sejumlah manfaat baik.

Keindahannya yang luar biasa menawarkan kesegaran pikiran karena melihat pemandangan yang sulit ditemukan di daerah perkotaan. Banyak orang juga merasa menikmati alam bisa memberikan kesempatan untuk berhubungan dengan alam.

Para wisatawan juga bisa menikmati kegiatan menarik seperti hiking, berkemah, berenang di alam terbuka, atau hanya sekedar berjalan-jalan menikmati keindahan alam yang tidak ada duanya.

Menikmati wisata alam sebagian besar juga menawarkan aktivitas rekreasi yang bisa dinikmati oleh segala usia. Bahkan baik untuk kesehatan tubuh karena sebagian besar aktivitas memberikan tantangan fisik dan kebahagiaan.

Alam terbuka juga terbukti mampu memberikan manfaat kepada kesehatan tubuh terutama untuk mengurangi stres, meningkatkan mood, atau meningkatkan kebugaran fisik. Udaranya yang segar juga membantu tubuh mendapatkan udara yang lebih berkualitas.

Melansir dari sejumlah sumber berikut ini adalah sejumlah wisata alam indah dan menarik yang wajib dikunjungi ketika berada di Sumatra Barat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Wisata Alam Indah di Sumatra Barat

1. Harau Valley

Harau Valley atau Lembah Harau merupakan salah satu wisata alam populer di Sumatra Barat karena menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Tempatnya terkenal dengan pemandangan desa dan persawahan yang dikelilingi tebing batu tinggi.

Tebing batu tinggi tersebut merupakan batu granit yang memiliki ketinggian sekitar 100 hingga 500 meter. Keindahannya bahkan disebut-sebut mirip dengan Lembah Yosemite yang berada di kawasan Taman Nasional Yosemite di California, Amerika Serikat.

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan alamnya harus menempuh perjalanan sekitar 136,5 km atau 3 jam 52 menit perjalanan. Lokasinya sendiri berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat.

2. Tabiang Takuruang

Tabiang Takuruang merupakan tempat wisata alam indah yang menyajikan pemandangan bukit yang menjulang. Kemudian di sekitarnya terdapat sungai air jernih dan latar belakang cantik Puncak Singgalang.

Melansir dari Kemenparekraf tempat wisata ini terkenal dengan tebing tinggi teronggok yang menjulang sehingga membelah sungai menjadi dua jalur yang dikelilingi oleh bukit. Tempatnya cocok dikunjungi oleh para fotografer karena latar pemandangannya yang luar biasa.

Lokasi Tabiang Takuruang berada di Kawasan Wisata Tabiang Takuruang, Jorong Jambak, Sianok Anam Suku, Kec. IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatra Barat dengan jam buka setiap hari pukul 06.00 hingga 20.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Berikutnya

3. Kapo-Kapo Island

Kapo-Kapo Island atau Pulau Kapo-Kapo merupakan tempat wisata yang populer di Sumatra Barat terutama sejak Even KTT G20. Tempatnya dikenalkan sebagai salah satu wisata cantik di Indonesia yang menawarkan pemandangan alam mempesona.

Sebagai informasi pulau ini memang dikenal sebagai desa Nelayan biasa namun berhasil menjadi wisata menarik untuk wisatawan lokal dan mancanegara. Kemudian tempat ini masih memiliki pesona alam indah karena masih asri dan belum ramai dikunjungi.

Pulau Kapo-kapo populer sebagai tempat menenangkan diri atau healing dari penatnya kehidupan ibu kota. Lokasinya sendiri bisa ditempuh menggunakan kapal laut nelayan dengan perjalanan hingga sejam atau dua jam.

4. Labuan Sundai

Labuan Sundai merupakan tempat wisata cantik yang terletak di kawasan wisata Mandeh di Ampang Pulai, Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Tempat wisata ini memiliki lokasi yang asri dan jauh dari pemukiman masyarakat.

Para wisatawan bisa melihat keindahan pantai cantik dan ombaknya yang kecil dan menenangkan. Kemudian di sekitar tempatnya sudah tersedia penginapan yang bisa disewa para pengunjung untuk bermalam.

Wisatawan yang ingin mengunjungi Labuan Sundai bisa menempuh jarak sekitar 63,2 km atau 1 jam 30 menit perjalanan dari pusat kota Padang.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Desa Wisata Danau Diateh Alahan Panjang

Desa Wisata Danau Diateh merupakan salah satu destinasi populer untuk berkunjung bersama teman, keluarga, atau kerabat. Pasalnya tempat wisata ini terkenal dengan keindahan alam dan budayanya yang menarik.

Para wisatawan bisa melihat keindahan danaunya yang masih jernih dan pinggir danaunya yang masih hijau serta asri. Kemudian terdapat kontur alam indah dari kawasan perbukitan, rawa, hingga dataran rendah.

Sebagai desa wisata para pengunjung bisa mengikuti sederet aktivitas menarik terutama terkait eduwisata yang berkaitan dengan dunia pertanian dan budaya. Lokasi Desa Wisata Danau Diateh berlokasi di Kawasan Nagari Alahan Panjang Kecamatan, Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

6. Lubuk Hitam Waterfall

Bagi para pencinta air terjun tempat wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam yang mempesona. Pasalnya Lubuk Hitam Waterfall terkenal dengan tiga tingkat air terjun dengan ketinggian masing-masing 2 meter hingga 10 meter.

Tempat wisatanya juga cocok untuk para wisatawan yang gemar trekking karena perjalanan menuju air terjun ini harus dilalui dengan berjalan kaki. Pasalnya air terjun tersebut berlokasi di atas perbukitan.

Lokasi Lubuk Hitam Waterfall berada di Tlk. Kabung Utara, Kec. Bungus Tlk. Kabung, Kota Padang, Sumatra Barat. Lokasinya berjarak sekitar 23,1 km atau 42 menit perjalanan dari pusat kota Padang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.