Sukses

Sahabat Bang Ara dan Gusma Dukung Gusti Bhre Jadi Calon Wali Kota Solo

Sahabat Bang Ara dan Gusma menyatakan dukungan kepada Pengageng Pura Mangkunegaran, Gusti Bhre untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Solo pada Pilkada 2024 mendatang. Dukungan itu diberikan karena sosok Gusti Bhre dianggap yang paling layak menggantikan Gibran sebagai Wali Kota Solo mendatang.

Liputan6.com, Solo - Ratusan relawan yang tergabung dalam Sahabat Bang Ara dan Gusma mendeklarasikan dukungan kepada bakal calon Wali Kota Solo Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X di Gedung Dewa-Dewi Solo pada Senin (5/8/2024). Sosok Pengageng Pura Mangkunegaran itu dinilai sangat cocok untuk menggantikan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Solo.

Para relawan yang hadir tampak mengenakan kaus bergambar KGPAA Mangkunegara X atau Gusti Bhre di bagian depannya lengkap dengan tulisan ‘Gusti Bhre untuk Solo 1’. Sedangkan, pada bagian belakang kaus itu terdapat foto Presiden Jokowi, Prabowo dan Gibran serta tulisan ‘Sahabat Bang Ara Pendukung Prabowo Gibran. Solo Lebih Maju dan Berbudaya’.

Dalam acara konsolidasi Sahabat Bang Ara dan Stefanus Gusma mendukung Gusti Bhre sebagai calon Wali Kota Solo itu Maruarar Sirait atau Ara tidak terlihat hadir di acara tersebut. Kehadiran Ara diwakili anaknya yang bernama Joshua Sirait. Sedangkan, Stefanus Gusma yang merupakan inisiator acara itu terlihat hadir bersama dengan M Qodari, Direktur Indo Barometer.

Gusti Bhre yang hadir dalam acara konsolidasi itu tampa dielu-elukan oleh ratusan relawan yang hadir. Mereka pun memanfaatkan momen itu untuk meminta foto bersama dengan Pengageng Pura Mangkunegaran yang masih berusia 27 tahun itu. Gusti Bhre dengan sabar melayani permintaan satu per satu relawan yang ingin berfoto dengannya.

Dukungan yang diberikan para relawan Sahabat Ara dan Gusma itu ditandai dengan seserahan pemberian blangkon dan sandal selop. Karena dua perlengkapan pakaian adat Jawa itu sangat melekat dengan identitas Gusti Bhre sebagai Adipati Praja Mangkunegaran. Seserahan blangkon itu diberikan oleh Stefanus Gusma, sedangkan sandal slop dilakukan oleh putra Maruarar Sirait.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menunggu Keputusan Maju Cawalkot

Munculnya dukungan dari relawan Sahabat Bang Ara dan Gusma untuk maju menjadi calon Wali Kota Solo, Gusti Bhre menganggap bahwa dukungan itu sebagai doa dan berkah. Ia pun menyambut dukungan itu dengan senang meskipun hingga hari ini belum memutuskan langkahnya untuk maju sebagai calon wali kota.

“Ya segala dukungan itu doa dari semuanya hari ini maupun yang hari kemarin-kemarin (telah mendukung untuk maju sebagai calon Wali Kota Solo). Itu merupakan suatu berkah terbesar bagi kami dan itu sesuatu yang sangat kami hargai dan apresiasi sebesar-besarnya. Kepada seluruh teman-teman semua kami mengucapkan terima kasih,” kata dia, Senin (5/8/2024).

Ia pun meminta kepada awak media untuk bersabar terkait keputusannya untuk maju atau tidak sebagai bakal calon Wali Kota Solo akan ditentukan beberapa hari ke depan. “Soal saya (maju calon wali kota) nanti aja dulu Pak. Yang penting dari sisi masayrakat yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat itu yang penting. Waktu masih panjang,” ujarnya.

Sementara itu inisiator acara, Stefanus Gusma mengatakan relawan Sahabat Bang Ara dan Gusma melakukan acara konsolidasi yang mengundang masyarakat Solo. Tema acara itu mengingingkan agar Solo lebih maju dan berbudaya. Oleh sebab itu, ia menginginkan adanya keberlanjutan kepemimpinan di Solo setelah Jokowi dan Gibran menjadi Wali Kota Solo harus ada sosok pemimpin muda yang cocok menggantikan dua wali kota sebelumnya itu.

“Apa yang sudah dilakukan Mas Gibran, apa yang sudah dilakukan Pak Jokowi tetap harus berlanjut. Kami melihat itu ada figur sosok pemimpin muda yang menurut kami pas untuk melanjutkan pembangunan itu, yaitu Gusti Bhre. Maka hari ini, kami meminta beliau sebenarnya untuk maju. Kita tahu sendiri sampai hari ini belum menyatakan bersikap untuk maju atau mendaftar,” ucap dia.

3 dari 3 halaman

Melamar

Meskipun belum ada tanda-tanda untuk mendaftat sebagai bakal calon Wali Kota Solo, Gusma berharap agar Gusti Bhre untuk tetap maju. Pasalnya Pengageng Pura Mangkunegaran itu sosok yang memiliki wawasan, inovatif, kreatif dan memiliki jejaring yang bagus. Bahkan, ia memuji terkait kepemimpinan di Pura Mangkunegaran sudah berhasil membangun citra dengan luar biasa seperti mendatangkan investor dan memberdayakan UMKM

“Saya rasa beliau sosok yang cocok untuk  melanjutkan pembangunan yang sudah dilakukan Mas Gibran,” kata dia.

Gusma mengungkapkan relawan Sahabat Bang Ara dan Gusma merupakan lanjutan dari perjuangan pilpres kemarin yang telah memperjuangkan pasangan Prabowo-Gibran hingga menang. Rencana komitmen ini akan berlanjut untuk memperjuangkan Gusti Bhre sebagai calon wali kota jika yang bersangkutam telah memutuskan untuk maju.

“Kalau ini kita akan berlanjut, komitmen kita juga akan terus berjuang. Kita berharap setelah acara ini dalam waktu dekat jika Gusti Bhre sudah berkenan menerima pinangan, nah Wisma Dewa-Dewi ini kan tempat yang biasa untuk resepsi pernikahan. Jadi ini sebenarnya tadi melamar beliau tapi beliau hari ini belum menjawab secara lugas,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini