Sukses

Yasonna Laoly Beberkan 3 Jurus Jitu Cetak SDM Unggul

Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas menjadi faktor penting dalam membangun sebuah bangsa dan negara. Untuk itu, diperlukan berbagai karakteristik SDM yang berkualitas, tangguh, fleksibel, berpikir kritis, kolaborasi, dan inovasi.

Liputan6.com, Jakarta- Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly, mengatakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas menjadi faktor penting dalam membangun sebuah bangsa dan negara. Untuk itu, diperlukan berbagai karakteristik SDM yang berkualitas, tangguh, fleksibel, berpikir kritis, kolaborasi, dan inovasi.

Yasonna menilai perubahan sosial dunia terjadi di berbagai sektor dengan cepat. Adapun dunia saat ini dipenuhi dengan volatility (ketidakstabilan), uncertainty (ketidakpastian), complexity (kompleksitas) dan ambiguity (ketidakjelasan). Perkembangan teknologi dan informasi menjadi salah satu pengaruh terbesar dari perubahan tersebut.

"Tidak ada negara yang maju tanpa SDM yang berkualitas, apalagi dalam menghadapi era baru dunia," ucap Yasonna dalam acara Peluncuran Webinar Series bertajuk Cerdas Bersama BPSDM Hukum dan HAM yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin (5/8/2024).

Menurutnya, sebagai bagian dari dunia yang semakin kompleks dan dinamis, Indonesia tidak bisa menghindari tantangan dari lingkungan tersebut. Maka dari itu, ia berpendapat Indonesia dengan kekayaan alam yang melimpah dan keragaman budaya mampu berdiri di ambang perubahan besar itu. Bahkan untuk mencapai cita-cita besar Indonesia Emas 2045 mendatang.

"Namun di tengah semua ambisi, satu hal yang menjadi fondasi utama adalah SDM yang berkualitas," tambahnya Yasonna.

Menkumham juga membeberkan, setidaknya ada tiga komponen yang menjadi bagian SDM unggul. Pertama, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta peningkatan keterampilan teknis yang relevan dengan perkembangan zaman. Kedua, mentalitas dan karakter. Kemudian komponen ketiga, yaitu kesehatan jasmani.

Menanggapi berbagai persoalan tersebut, pihaknya meluncurkan inovasi yaitu E-Kompetensiku. Aplikasi tersebut berupaya menyelaraskan dan menghimpun seluruh layanan teknologi informasi penilaian kompetensi dan pelatihan yang diselenggarakan oleh BPSDM Hukum dan HAM.

Pada kesempatan tersebut turut hadir, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kepulauan Bangka Belitung Babel, Harun Sulianto bersama Kepala Divisi Administrasi, Dwi Harnanto. Melalui inovasi ini, diharapkan para pegawai dapat lebih siap menghadapi tantangan masa depan dan berkontribusi lebih signifikan dalam membangun negara.

Harun Sulianto juga meminta jajarannnya untuk mengikuti kegiatan tersebut secara webinar demi meningkatkan kompetensi dan indeks profesionalitas aparatur sipil negara. Pihaknya berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas SDM demi mendukung terciptanya pemerintahan yang lebih baik.

"Kami sangat menyambut baik dan akan terus berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat,"pungkasnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.