Sukses

Putra Kendari Jadi Komandan Baru Kostrad Salatiga

Mayor Inf Ilham Datu Ramang dilantik sebagai Dan Yonif 411/Pandawa/Kostrad menggantikan Letkol Inf Subandi yang mendapat tugas baru.

Liputan6.com, Salatiga - Dan Yonif 411/Pandawa/Kostrad Letkol Inf Subandi selesai menjalankan tugas di Pasukan Pandawa Kostrad. Ia menyerahkan tongkat komando pasukan kepada Mayor Inf Ilham Datu Ramang sebagai komandan baru.

Upacara serah terima jabatan Komandan Batalyon Infanteri 411/Pandawa/6/2 Kostrad dilaksanakan di lapangan batalyon Kurusetra. Sebuah lapangan yang mengambil nama dari tanah lapang di pewayangan yang menjadi medan tempur perang Bharatayuda, markas Yonif 411/Pandawa, Jalan Veteran No.01 Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Prosesi serah terima jabatan Komandan Batalyon dipimpin Komandan Brigade Infanteri 6/TSB/2 Kostrad Kolonel Inf Fardin Wardhana.

Yonif 411/Pandawa/6/2 Kostrad merupakan salah satu satuan di jajaran Brigade Infanteri 6 Divisi 2 Kostrad. Pasukan ini merupakan satuan pemukul berkemampuan Mekanis dan Raider. Pasukan ini baru 4 bulan pulang tugas di daerah konflik, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Sebelumnya Mayor Inf Ilham Datu Ramang menjabat sebagai Wakil Komandan Batalyon (Wadanyonif) 2019-2021. Mayor Inf Ilham Datu Ramang adalah abituren Akademi Militer tahun 2006 Puntadewa.

Sejak lulus Akademi Militer bertugas di Satuan Kostrad baik di Divisi 1, Divisi 2 maupun Divisi 3, sehingga menjadikannya sudah terbiasa dengan tugas-tugas operasi.

Sementara itu pejabat lama, Letkol Inf Subandi menyerahkan jabatan Komandan Batalyon Infanteri 411/Pandawa/6/2 Kostrad karena mendapat tugas baru sebagai Komandan Kodim (Dandim) 1204/Sanggau, Kalimantan Barat.

Acara serah terima jabatan diramaikan dengan demonstrasi kemampuan para prajurit Pasukan Pandawa. Diawali dengan penampilan Reog Ponorogo, kemudian bela diri karate dan pencak silat.

Untuk menjalin keakraban, acara dilanjutkan ramah-tamah di Lapangan Futsal Batalyon. Termasuk penampilan Pandawa Band, pemutaran video perjalanan Letkol Subandi menjadi Pandu 35 selama 2 tahun 2 bulan dan penyerahan kenang-kenangan dari Danbrigif 6/TSB/2 Kostrad, dan satuan jajaran.

Hadir dalam acara ini Danbrigif 6/TSB/2 Kostrad, Kasilog Korem 073/Makutarama, Kasbrigif 6/TSB/2 Kostrad, Dandim 0714/Salatiga, Kapolres Salatiga, Sekda Salatiga, Ketua DPRD Salatiga, Danyon Armed 11 Kostrad, Danyonif 412/BES, Kakorum Yonif 413/Bremoro, Danyon Zipur 4/TK, Danyonkav 2/TC, pejabat Forkopimda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini