Sukses

Ini 6 Tips Sukses Kuliah di FEB UGM dari Anggota Dewan OJK

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Inarno Djajadi membagikan tips sukses menjalani studi dan berkarir di hadapan 605 mahasiswa baru FEB UGM.

Liputan6.com, Yogyakarta - Dalam sesi Inspiring Person rangkaian kegiatan PIONIR SIMFONI 2024 Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sekaligus Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan, Derivatif dan Bursa Karbon OJK, Inarno Djajadi memberikan sejumlah tips sukses kuliah di FEB UGM.

 “Selamat kepada adik-adik sudah diterima masuk UGM. Jangan kalian sia-siakan kesempatan yang telah diperoleh karena ini menjadi awal dari keberhasilan Anda. Disini saya akan membagikan beberapa tips agar bisa survive di FEB,” papar alumni FEB UGM angkatan 1981 ini di Plaza FEB UGM, Kamis 1 Agustus 2024. 

Tips pertama yang harus dilakukan mahasiswa baru yaitu mengelola lingkungan pergaulan dimulai dari pemilihan tempat tinggal yang mendukung kegiatan belajar. Inarno saat kuliah di FEB UGM indekos di perumahan dosen kompleks Bulaksumur, dengan pertimbangan ia akan mendapatkan atmosfer yang tenang. 

 

“Penting memilih kos yang lingkungannya mendukung konsentrasi belajar,” ucapnya.

Tips sukses kuliah di FEB UGM selanjutnya adalah memilih lingkaran pertemanan yang tepat. Pilih teman yang memiliki aura positif agar kuliahnya lancar.  

“Pilih teman dengan aura positif, tetapi jangan eksklusif dan harus membaur dengan semuanya,” tegasnya. 

Inarno memberikan tips lainnya, agar mahasiswa baru dapat mendekatkan diri dan menjalin komunikasi yang baik dengan dosen. Sebab jalinan  hubungan yang baik dengan dosen ini akan membawa dampak positif baik menjalani studi saja, tetapi saat bekerja nantinya. 

“Adik-adik jangan menganggap dosen itu pengawas, tetapi sebagai kawan. Saat kuliah jangan hanya fokus belajar saja namun berbaurlah dengan teman-teman mahasiswa lainnya dan dosen,” ujarnya.

Inarno mengatakan mahasiswa baru perlu mengenal kampus dan berbagai fasilitasnya agar sukses menjalani perkuliahan. Selain itu harus pandai mengatur waktu dengan efisien dan selalu berpikir positif dalam menghadapi berbagai hal. 

“Tahun pertama ini sangat penting dan kritikal. Awalnya akan terasa berat bagi adik-adik karena berpisah dengan orang tua bagi yang merantau sehingga perlu beradaptasi dengan lingkungan baru. Namun yakinlah jika tahun pertama terlampaui maka kedepan akan lebih mudah,” ucapnya. 

Inarno memberikan pesan agar mahasiswa baru FEB UGM untuk selalu menjunjung tinggi integritas, kejujuran, dan tata kelola yang baik saat terjun di dunia kerja. Hal tersebut sejalan dengan nilai-nilai etis FEB UGM yang salah satunya menjunjung tinggi integritas. 

“Jangan pernah mengambil jalan pintas, apapun iming-imingnya, integritas harus dijaga. Saya bisa seperti ini sekarang karena sangat menjunjung integritas,” ujarnya soal tips sukses kuliah di FEB UGM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini