Sukses

Membedah Tingkat Kandungan Komponen Dalam Negeri Produk Laptop di Batam

Produk laptop terus meningkat mengikuti zaman yang terus berlari dalam urusan pekerjaan.

Liputan6.com, Batam - Produksi laptop terus ditingkatkan kemampuannya menyesuaikan tuntutan pekerjaan yang serba cepat. Seberapa besar kontribusi produsen laptop tersebut?

Salah satu produsen laptop, Asus dalam produk terbaru mereka menyebut saat ini Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) ditambah dengan nilai Beban Manfaat Produksi (BMP).

Angka 40 persen ini dicapai melalui produk ExpertBook. Menurut Regional Director Asus South East Asia, Jimmy Lin, capaian itu untuk memenuhi kebijakan pemerintah Indonesia yang mendorong penggunaan produk-produk dengan basis lokal.

“Dengan tercapainya nilai TKDN ditambah BMP di atas 40 persen laptop ini mendukung visi pemerintah Indonesia dalam mendorong kemandirian teknologi dan pengembangan industri dalam negeri,” kata Jimmy Lin, Regional Director ASUS South East Asia. 

Ditambahkan bahwa produk ini telah menjalani uji coba dan penilaian yang ketat untuk memastikan komponen-komponennya memenuhi standar yang telah ditetapkan.

“ASUS berkolaborasi erat dengan mitra perakitan lokal untuk meningkatkan kualitas dan persentase komponen lokal. Beberapa perangkat lunak telah dikembangkan oleh tenaga ahli dari Indonesia,” katanya.

Sementara itu Priyadi Arie Nugroho, Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian mengapresiasi upaya yang dilakukan ASUS Indonesia untuk terus meningkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri untuk produk laptopnya.

“Kami menyambut positif upaya bekerjasama dengan mitra lokal saat memproduksi dan terus memperbesar porsi TKDN di dalamnya,” kata Priyadi di Hotel Aston Batam.

Sedangkan Yulianto Hasan, Director of Commercial Products Asus Indonesia, pencapaian tersebut menjadi manifestasi dan dedikasi mendukung industri lokal dan inovasi di Indonesia.

“Laptop ExpertBook terbaru dengan nilai TKDN dan BMP yang tinggi ini tidak hanya memenuhi standar performa dan kualitas internasional, tetapi juga merupakan bagian dari usaha kami dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Dan kami berhasil mencapainya tepat waktu,” kata Yulianto.

Sebagai catatan, Asus ExpertBook dilengkapi dengan fitur canggih yang disesuaikan untuk kebutuhan bisnis modern, seperti ketahanan baterai yang lama, performa yang tinggi, keamanan data terenkripsi, serta desain yang elegan namun kuat. Model terbaru ini juga menyediakan garansi dan layanan purna jual yang memastikan kepuasan pelanggan.

Proyeksi ke depan, akan ada beberapa lini produk lain yang juga akan diproduksi di dalam negeri. 

“Target kami, Asus akan mencapai 65 persen TKDN dan BMP," kata Yulianto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.