Sukses

Berkunjung ke Stonehenge Merapi Jogja, Serasa Berlibur ke Inggris

Stonehenge berlokasi di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Destinasi wisata ini sangat mirip dengan Stonehenge yang ada di Inggris.

Liputan6.com, Yogyakarta - Destinasi wisata Yogyakarta memang tak pernah habis ditelusuri. Terdapat salah satu destinasi wisata unik di Yogyakarta, yakni Stonehenge.

Stonehenge berlokasi di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Destinasi wisata ini sangat mirip dengan Stonehenge yang ada di Inggris.

Saat berkunjung ke destinasi wisata ini, pengunjung akan melihat susunan batu yang memang sengaja dibuat sedemikian rupa. Susunan batu itulah yang menyerupai Stonehenge di Inggris.

Meski hanya replika, tetapi pengelola tidak asal-asalan dalam menyusun batu tersebut. Stonehenge di Yogyakarta dibuat dari batuan erupsi Gunung Merapi yang mengendap dan mengeras pada 2010.

Adapun lokasi yang saat ini menjadi tempat wisata Stonehenge merupakan tempat tinggal pribadi. Namun saat erupsi Gunung Merapi terjadi, tempat tersebut rata dengan tanah. 

Kemudian pada 2013, warga sekitar mulai merenovasi dan memanfaatkan kembali lahan tersebut dengan menjadikannya sebagai destinasi wisata. Dari sanalah replika dari Stonehenge Inggris dibuat.

Sementara itu, Stonehenge di Inggris termasuk dalam situs warisan budaya UNESCO sejak 1986. Sama seperti di Inggris, susunan batu di Stonehenge Yogyakarta juga dibuat melingkar.

Kemegahan susunan bebatuan tersebut berpadu sempurna dengan hamparan rumput berwarna hijau dan keindahan alam di sekitarnya. Destinasi wisata ini juga memiliki banyak spot foto menarik dari berbagai sisi.

Stonehenge Merapi Jogja juga sudah dilengkapi dengan fasilitas berupa toilet dan tempat parkir. Destinasi wisata ini bisa menjadi pilihan tempat berlibur saat berkunjung ke Yogyakarta.

(Resla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini