Sukses

8 Agustus Diperingati Hari Kucing Sedunia, Berikut Sejarah dan Cara Merayakannya

Hari Kucing Sedunia merupakan perayaan yang diperingati setiap 8 Agustus. Berikut sejarah dan cara merayakannya dengan meriah.

Liputan6.com, Bandung - Hari Kucing Sedunia atau International Cat Day merupakan perayaan yang jatuh pada tanggal 8 Agustus setiap tahunnya. Perayaan ini menjadi hari yang sangat membahagiakan terutama bagi pencinta hewan khususnya kucing.

Melansir dari situs International Cat Care perayaan ini menjadi hari yang sempurna untuk menyatukan pencinta kucing di seluruh dunia. Terutama untuk merayakan dan membagi kecintaannya terhadap spesies tersebut.

Hari Kucing Sedunia menunjukkan dedikasi dalam merayakan atau menghargai keberadaan kucing di seluruh dunia. Tentunya perayaan ini menyimpan sejumlah tujuan baik salah satunya meningkatkan kesadaran pada masyarakat terhadap isu berkaitan dengan kucing.

Kemudian juga bertujuan untuk menyadarkan masyarakat terkait kesehatan, perawatan, dan hak-hak hewan. Hari Kucing Sedunia juga mempromosikan pentingnya merawat kucing dan menjaga ikatannya dengan hewan tersebut.

Masyarakat juga bisa lebih perhatian terhadap kucing-kucing liar di luar sana terutama terkait kesehatannya. Serta mengajarkan masyarakat pentingnya sterilisasi pada kucing untuk mengurangi populasi kucing liar atau vaksin terhadap kucing untuk mencegah penyakit.

Di indonesia sendiri perayaan ini menjadi momen menyenangkan yang menarik untuk dirayakan. Bahkan beberapa publik figur Indonesia turut merayakan Hari Kucing Sedunia dan membagikannya di media sosial.

Misalnya saja kucing milik Menteri Pertahanan Republik Indonesia dan Presiden terpilih 2024, Prabowo Subianto yang dikenal dengan nama Bobby Kertanegara turut merayakan peringatan tersebut.

Selamat, senang, bahagia untuk semua teman berbulu di seluruh dunia. Agen kesayanganmu, Bobby Kertanegara,” mengutip dari akunnya @bobbykertanegara.

Kemudian, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dan mantan Capres, Anies Baswedan membagikan perayaan tersebut di media sosial X (sebelumnya Twitter) dengan foto ilustrasi keluarga dan gambar kucingnya.

Selamat Hari Kucing Sedunia!,” tulis (@aniesbaswedan).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Hari Kucing Sedunia

Berdasarkan informasi dari situs National Today Hari Kucing Sedunia mulai diperingati sejak 3 Agustus 2020. Perayaan tersebut dimulai berkat sebuah lembaga amal pelopor kesejahteraan kucing, International Cat Care.

Sejak 1958 mereka telah menentang kekejaman, ketidaktahuan, dan kesalahpahaman untuk memengaruhi perubahan positif dalam kehidupan kucing. Sebagai informasi dalam catatan sejarah manusia terkait kucing pertama kali ditemukan dalam budaya Peradaban Mesir Kuno.

Melalui sejarah tersebut orang Mesir melakukan pemujaan terhadap kucing sebagai dewa mereka. Diketahui dewa kucing pertama yang dianggap sebagai pelindung mereka bernama Mafdet.

Saat itu dewa kucing dianggap sebagai pelindung terhadap ular, kalajengking, dan kejahatan selam Dinasti Pertama. Sehingga bagi mereka kucing tidak hanya menjadi dewa tetapi juga pelindung.

Sementara itu, ketika Dinasti Mesir runtuh kucing menjadi hewan yang semakin populer. Orang-orang di Yunani dan Romawi menjadikan kucing sebagai pengendali hama. Kemudian di Timur orang-orang yang memiliki kucing adalah orang kaya.

Sayangnya selama Abad Pertengahan di Eropa hewan ini justru dikaitkan dengan takhayul dan diduga membawa penyakit selama Wabah Hitam tahun 1348. Pada masa tersebut banyak kucing yang dibunuh dan di awal 1600-an reputasi kucing baru kembali pulih.

3 dari 4 halaman

Cara Merayakan Hari Kucing Sedunia

Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Kucing Sedunia:

1. Donasi kebutuhan kucing

Hal pertama yang bisa dilakukan dalam merayakan Hari Kucing Sedunia tentunya membantu kebutuhan-kebutuhan atau isu terkait kucing. Misalnya memberikan donasi kepada tempat penampungan kucing atau donasi memberikan makanan dan perawatan kepada kucing liar.

Donasi yang diberikan juga bisa beragam misalnya uang, makanan kucing, mainan, atau perlengkapan lain yang dibutuhkan oleh kucing. Saat ini melakukan donasi sudah lebih mudah karena terdapat donasi online untuk membantu kucing terutama kucing liar.

2. Membelikan hadiah untuk kucing

Bagi yang memiliki kucing sebagai hewan peliharaan di rumah bisa membelikan mereka hadiah yang menarik. Misalnya memberikan treat atau makanan kepada kucing, membelikan mainan yang mereka suka, atau hal-hal lain yang dibutuhkan kucing.

Sementara untuk Anda yang tidak memiliki kucing bisa memberikan hadiah-hadiah tersebut untuk kucing liar di sekitar rumah atau memberikannya kepada rekan, keluarga, atau teman yang mempunyai kucing.

4 dari 4 halaman

Cara Berikutnya

3. Membagikan momen di media sosial

Merayakan Hari Kucing Sedunia juga bisa dengan membagikan momen di media sosial. Misalnya mengunggah foto atau video anda bersama kucing atau membagikan foto-foto kucing lucu di media sosial.

Kemudian gunakan tagar Hari Kucing Sedunia atau tagar menarik lainnya terkait kucing untuk memberikan kesadaran terhadap masyarakat terkait perayaan tersebut. Selain itu Anda juga bisa membagikan informasi terkait adopsi kucing atau donasi kucing di media sosial.

4. Memanjakan kucing

Anda bisa merayakan Hari Kucing Sedunia dengan memanjakan kucing terutama yang menjadi hewan peliharaan Anda. Manjakan kucing lebih spesial dari hari-hari biasanya dengan memberikan cemilan favorit atau mainan baru.

Anda juga bisa menghabiskan waktu seharian untuk bermain dengan kucing Anda atau melakukan berbagai aktivitas bersama kucing Anda. Singkatnya Anda hanya perlu menghabiskan waktu yang berkualitas bersama kucing untuk menunjukkan rasa cinta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.