Sukses

Gempi Debut Akting di MV Lagu Sal Priadi 'Gala Bunga Matahari'

Sebelum merilis video klip, lagu Gala Bunga Matahari telah banyak didengarkan di berbagai platform musik maupun digunakan sebagai lagu latar di unggahan media sosial. Lagu karya Sal Priadi ini memang memiliki tempat tersendiri di hati para pendengarnya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gempita Nora Marten atau yang lebih populer dengan nama Gempi memulai debut aktingnya melalui musik video (MV) Gala Bunga Matahari milik Sal Priadi. Gempi beradu akting dengan aktor senior Landung Simatupang.

MV Gala Bunga Matahari disutradarai oleh Aco Tenri. Video tersebut dirilis pada 8 Agustus 2024 di kanal YouTube Sal Priadi.

Saat tulisan ini dibuat, video tersebut telah menempati No.1 Trending on Music di YouTube. Video tersebut juga telah ditonton sebanyak 1,1 juta kali.

Sebelum merilis video klip, lagu Gala Bunga Matahari telah banyak didengarkan di berbagai platform musik maupun digunakan sebagai lagu latar di unggahan media sosial. Lagu karya Sal Priadi ini memang memiliki tempat tersendiri di hati para pendengarnya.

Melalui lirik yang menyentuh, lagu tersebut kerap digunakan untuk mengenang orang-orang terkasih yang telah tiada. Gala Bunga Matahari merupakan salah satu lagu yang masuk dalam tracklist album terbaru Sal berjudul MARKERS AND SUCH PENS FLASHDISKS yang dirilis pada 30 April 2024.

Secara garis besar, lagu Gala Bunga Matahari bercerita tentang kehilangan dan kerinduan orang yang ditinggalkan. Seseorang yang telah tiada itu diibaratkan sebagai bunga matahari yang tiba-tiba mekar di taman.

Mengutip dari berbagai sumber, penggalan lirik lagu tersebut terinspirasi dari beberapa ayat Al-Qur'an, salah satunya QS. Muhammad:15. Ayat tersebut berbunyi, "Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa (adalah bahwa) di dalamnya ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, sungai-sungai air susu yang rasanya tidak berubah, sungai-sungai khamar yang lezat bagi peminumnya, dan sungai-sungai madu yang murni.

Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah dan ampunan dari Tuhan mereka. (Apakah orang yang memperoleh kenikmatan surga) sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga usus mereka terpotong-potong?"

Selain itu, lirik lagu ini juga mirip dengan penggalan ayat Al-Qur'an lainnya, yakni "(Dia) yang menempatkan kami di tempat yang kekal (surga) dengan karunia-Nya. Di dalamnya kami tidak lelah dan lesu" (QS Al-Fathir:35); "Para pemuda yang tetap muda mengelilingi mereka.

Apabila melihatnya, kamu akan mengira bahwa para pemuda itu adalah mutiara yang bertaburan" (QS Al-Insan:19); dan "Mereka berkata, Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kesedihan dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri" (QS Al-Fathir:34).


Sal kemudian menulis lirik yang berbunyi, "Adakah sungai-sungai itu benar-benar dilintasi dengan air susu? Juga badanmu tak sakit-sakit lagi. Kau dan orang-orang di sana muda lagi". Dilanjutkan dengan lirik, "Semua pertanyaan, temukan jawaban. Hati yang gembira, sering kau tertawa".

MV Gala Bunga Matahari milik Sal Priadi, ditampilkan secara apik oleh Gempi dan Landung Simatupang. Akting mereka membuat penonton semakin tersentuh dengan lagu ini.

Terlebih, kolom komentar MV tersebut juga dipenuhi oleh cerita-cerita menyentuh dari para pendengar yang merasa terwakilkan melalui lagu tersebut. Agar dapat menginterpretasikan MV tersebut secara utuh, simak keseluruhan MV Gala Bunga Matahari di kanal YouTube Sal Priadi.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini