Sukses

Mengenal Indahnya Pulau Padar, Wisata Alam Indah di Labuan Bajo

Pulau Padar merupakan salah satu tempat wisata alam cantik yang ada di NTT. Berikut ini daya tarik, lokasi, dan rute tempatnya.

Liputan6.com, Bandung - Nusa Tenggara Timur atau NTT merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan banyak pesona alam memukau. Provinsi ini memiliki pemandangan laut yang indah, perbukitan yang hijau, hingga keindahan bawah laut yang jarang ditemui di tempat lain.

Saat ini Provinsi NTT juga populer jadi destinasi wisata alam menarik untuk wisatawan lokal dan mancanegara. Salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi merupakan Pulau Padar di Labuan Bajo.

Pulau Padar merupakan wisata alam memukau yang berlokasi di Taman Nasional Komodo. Pulaunya tercatat sebagai pulau terbesar ketiga di Taman Nasional Komodo dan banyak wisatawan menjadikannya sebagai destinasi wisata.

Melansir dari situs resmi UNESCO pulau ini diterima sebagai situs Warisan Dunia UNESCO bersamaan dengan Pulau Komodo dan Pulau Rinca karena berada di kawasan wilayah Taman Nasional Komodo.

Selain itu pulaunya terkenal dengan keindahan kontur perbukitan dan laut yang jernih mempesona. Tidak sedikit wisatawan menjadikan pulau tersebut sebagai spot favorit untuk berfoto dengan latar belakang alam yang megah.

Pulau Padar juga dikenal sebagai pulau yang dekat dengan spot snorkeling atau diving untuk mengintip indahnya pemandangan bawah laut di NTT. Pengunjung juga bisa menyusuri pantai-pantai di sekitar pulau menggunakan perahu.

Tentunya tempat wisata ini masih sangat alami karena tidak ramai dikunjungi wisatawan sehingga pengalaman berlibur di Pulau Padar menjadi lebih berkesan untuk diingat kembali sebagai lokasi wisata menawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daya Tarik Pulau Padar

Pulau Padar merupakan destinasi wisata yang sangat populer di antara pencinta alam dan petualang. Pulau ini berlokasi di antara Pulau Komodo dan Pulau Rinca yang menawarkan pemandangan alam memesona.

Pulaunya terkenal dengan pemandangan bukit yang unik dengan laut yang jernih bersatu cantik dengan langit birunya. Kemudian pemandangan dari puncak bukit di Pulau Padar juga tidak kalah menakjubkan.

Diketahui untuk mencapai puncak tersebut wisatawan harus mendaki sekitar 818 anak tangga. Meskipun harus mendaki tentunya rasa lelah akan terbayarkan dengan pemandangan indah pulaunya.

Ketika mencapai puncak wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang alam yang indah atau bersantai menikmati pemandangannya. Pada puncak tersebut pengunjung bisa menikmati keindahan laut biru dan kontur perbukitan lain.

3 dari 4 halaman

Harga Tiket Masuk Pulau Padar

Pulau Padar merupakan salah satu pulau besar yang masih dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Mengutip dari media sosial resmi Balai Taman Nasional Komodo tiket masuk ke kawasan Taman Nasional Komodo terbagi jadi dua jenis tiket.

Jenis tiket pertama adalah tiket untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibanderol sebesar Rp5.000 per orang setiap Senin hingga Sabtu dan Rp7.500 per orang setiap hari Minggu dan hari libur.

Sementara jenis tiket kedua merupakan tiket untuk Warga Negara Asing (WNA) yang dibanderol dengan harga Rp150.000 per orang di hari Senin dan Sabtu, serta Rp 225.000 per orang di hari Minggu dan hari libur.

Kemudian untuk mendaki atau trekking wisatawan bisa membayar tiket Rp5.000 per orang dan digabung bersama pembelian tiket pengamatan kehidupan liar sebesar Rp10.000 per orang.

4 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Pulau Padar

Pulau Padar berlokasi di Labuan Bajo tepatnya di kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau ini hanya bisa diakses dengan menggunakan transportasi laut

Perjalanannya dimulai dari Pelabuhan Labuan Bajo dengan menggunakan speedboat atau kapal kayu. Kedua kendaraan ini memiliki waktu tempuh yang berbeda misalnya menaiki speedboat perjalanan membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Sementara untuk perjalanan menggunakan kapal kayu waktu perjalanan yang akan ditempuh sekitar 4 jam. Sebagai informasi wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Padar hanya bisa dimulai pada pukul 06.00 dan kembali dari pulau tersebut pukul 16.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini