Sukses

Sejarah Hari Kidal Internasional 13 Agustus

Kidal atau sinitralitas merupakan kondisi seseorang lebih suka menggunakan tangan kiri daripada tangan kanan untuk kegiatan rutin.

Liputan6.com, Yogyakarta - Setiap 13 Agustus diperingati sebagai Hari Kidal Internasional atau Lefthanders Day. Peringatan ini menjadi momen tepat untuk meningkatkan kesadaran akan berbagai masalah yang dihadapi orang kidal dalam kehidupan sehari-hari.

Kidal atau sinitralitas merupakan kondisi seseorang lebih suka menggunakan tangan kiri daripada tangan kanan untuk kegiatan rutin. Hal ini tergolong unik karena dunia ini didominasi oleh right-handers person atau orang yang dominan menggunakan tangan kanan untuk kegiatan rutin.

Beberapa tokoh hebat dan populer dikenal sebagai orang kidal, di antaranya Bunda Teresa, Barack Obama, Bill Gates, Charlie Chaplin, Mark Zuckerberg, dan lainnya.

Mengutip dari National Today, Hari Kidal Internasional pertama kali diperingati oleh pendiri Lefthanders International, Inc., Dean R Campbell, pada 1976. Sejak saat itu, Hari Kidal Internasional rutin dirayakan pada 13 Agustus setiap tahunnya.

Meski terkesan unik, tetapi orang kidal kerap menemukan beberapa masalah dalam kehidupan sehari-hari. Sejak 1600-an, orang kidal dianggap bersekongkol dengan iblis. Hingga saat ini, mereka terus menghadapi kesulitan dan tantangan dalam menyelesaikan tugas.

The Left-Handers Club didirikan pada 1990 dengan pernyataan misi untuk terus memberi informasi terkini kepada para anggotanya tentang berbagai perkembangan. Klub tersebut juga menjadi jembatan antara pandangan orang kidal dan produsen.

Klub tersebut menyediakan bantuan dan pendampingan bagi mereka yang membutuhkan. Mereka terus melakukan penelitian tentang kekidalan dan berbagai barang baru yang dapat memberikan kemudahan penggunaan yang lebih bagi orang kidal.

Sejak didirikan pertama kali, jumlah anggotanya terus bertambah dengan peserta dari seluruh dunia. Hingga saat ini, klub tersebut sangat dihormati sebagai kelompok penekan yang mewakili semua orang kidal.

Melanjutkan tradisi yang diciptakan oleh Campbell, The Left-Handers Club pun meluncurkan Hari Kidal Internasional sebagai bagian dari organisasi mereka pada 13 Agustus 1992. Tujuannya adalah untuk menciptakan kesadaran akan kelebihan dan kekurangan orang kidal. Hingga kini, Hari Kidal Internasional dirayakan di seluruh dunia dengan 20 acara regional yang diadakan di Inggris, termasuk pertandingan olahraga dan pesta.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.