Sukses

Simak, Cara Mudah Daftar Akun Subsidi Tepat

Subsidi Tepat merupakan program pemerintah yang membantu dalam memudahkan akses bagi masyarakat dalam membeli BBM bersubsidi. Berikut ini cara mudah mendaftar akun Subsidi Tepat.

Liputan6.com, Bandung - Subsidi Tepat merupakan program PT Pertamina (Persero) yang bertujuan untuk mendata kendaraan yang menggunakan Pertalite dan Solar. Program ini dibuat untuk memudahkan akses bagi masyarakat dalam membeli BBM bersubsidi.

Program ini dibuat oleh pemerintah untuk memastikan bahwa bantuan subsidi yang diberikan kepada masyarakat merupakan orang yang benar-benar berhak menerimanya. Mengingat program subsidi dibuat untuk meringankan beban hidup masyarakat yang membutuhkan.

Subsidi Tepat juga membantu dalam mengurangi kesalahan sasaran dalam penyaluran subsidi terutama sebelumnya subsidi sering kali diberikan secara merata tanpa mempertimbangkan kondisi ekonomi penerima.

Programnya bisa digunakan dengan mewajibkan pengguna mendaftarkan kendaraannya ke aplikasi MyPertamina. Kemudian setelah mendaftar kendaraan tersebut akan mendapatkan kode QR sebagai syarat membeli BBM bersubsidi.

Saat ini, masyarakat bisa mendaftar Subsidi Tepat dengan menggunakan akun MyPertamina. Persyaratan umum yang biasanya dibutuhkan berupa foto KTP, foto STNK tampak depan dan belakang foto uji kendaraan bermotor (KIR), foto kendaraan tampak semua, dan foto nomor polisi kendaraan, foto surat rekomendasi (khusus untuk non kendaraan).

Sementara, masyarakat yang sebelumnya sudah mendaftar dan mengganti plat nomornya bisa mengedit data atau mengganti plat nomornya di aplikasi dengan daftar ulang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Daftar Subsidi Tepat MyPertamina

1. Buka situs resmi Subsidi Tepat atau melalui link berikut subsiditepat.mypertamina.id.

2. Klik bagian “Centang” pada persyaratan penjelasan BBM Subsidi.

3. Lalu klik “Daftar Sekarang”.

4. Selanjutnya lengkapi formulir “Data diri dan Kontak”.

5. Kemudian masukkan NIK, foto KTP, nomor telepon, email aktif, dan buat password.

6. Berikutnya klik “Selanjutnya”.

7. Pada bagian formulir kedua, lengkapi “Data Alamat Lengkap”.

8. Klik “Pilih Subsidi” Bio Solar atau Pertalite.

9. Kemudian pilih dan klik “Jenis Customer”.

10. Selanjutnya unggah foto STNK, Nomor Polisi, dan foto kendaraan lengkap.

11. Jika sudah klik “Selanjutnya”.

12. Kemudian centang kotak persetujuan dan klik “Daftar Pengguna BBM Subsidi”.

Sebagai informasi, proses validasi atau persetujuan pengajuan Subsidi Tepat MyPertamina membutuhkan waktu hingga tujuh hari kerja. Setelah disetujui pengguna bisa mengunduh QR Code di aplikasi MyPertamina atau situs subsiditepat.mypertamina.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.