Sukses

Lapangan Gasibu Ditutup Sementara untuk Publik sampai 19 Agustus 2024

Seluruh area lapangan dan parkir Gasibu ditutup sementara baik kegiatan olah raga maupun yang lainnya.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menutup Lapangan Gasibu yang berada di Kota Bandung. Masyarakat pun untuk sementara ini tidak bisa berkegiatan di area publik itu.

Lapangan yang berada persis di depan Gedung Sate itu lazim digunakan warga yang berolahraga. Penutupan tersebut dilakukan untuk persiapan peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Kepala Biro Umum Setda Jabar Tulus Arifan menyampaikan, penutupan dilakukan selama enam hari mulai 14 Agustus - 19 Agustus 2024.

Lapangan Gasibu disebut menjadi venue puncak peringatan HUT RI di Bandung. Penutupan ini telah diumumkan melalui akun resmi Instagram Biro Umum Setda Jabar.

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat, khususnya warga Kota Bandung atas penutupan sementara Lapangan Gasibu," kata Tulus dalam keterangannya di Bandung, Minggu kemarin (11/8/2024).

Seluruh area lapangan dan parkir Gasibu ditutup sementara baik kegiatan olah raga maupun yang lainnya. Namun, jalan di samping Gasibu baik Jalan Sentot Alibasya maupun Jalan Hayam Wuruk tetap dibuka normal.

Menurut Tulus, Lapangan Gasibu akan kembali dibuka untuk umum hari Selasa tanggal 20 Agustus, setelah upacara peringatan Hari Jadi ke-79 Provinsi Jabar yang jatuh setiap 19 Agustus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perayaan di IKN

Sebelumnya diberitakan Liputan6.com, peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2024 akan menjadi momen yang sangat istimewa.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini rangkaian kegiatan akan dilaksanakan di dua lokasi sekaligus, yaitu Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri Sekretaris Negara, dalam konferensi pers Bulan Kemerdekaan pada 1 Agustus 2024, menegaskan bahwa peringatan HUT dengan tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" ini sekaligus menjadi momentum transisi perpindahan pemerintahan.

Hal ini menandakan adanya perubahan besar dalam sejarah Indonesia, di mana pusat pemerintahan akan secara resmi berpindah dari Jakarta ke IKN.

Rangkaian Acara HUT RI Ke-79Berikut adalah rangkaian acara yang telah direncanakan untuk memperingati HUT RI ke-79:

- Dzikir dan doa kebangsaan di Istana Merdeka, Jakarta

- Pengukuhan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh Presiden Joko Widodo di IKN

- Upacara penganugerahan tanda kehormatan di Istana Negara, Jakarta

- Pidato kenegaraan dan penyampaian RAPBN serta nota keuangan di Gedung Nusantara, Jakarta.

- Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) yang dilakukan secara bersamaan di Taman Kusuma Bangsa, IKN (dipimpin Presiden) dan Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta (dipimpin Wakil Presiden)

- Upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan di IKN, dengan Presiden Jokowi sebagai inspektur upacara

- Upacara penurunan bendera Merah Putih di IKN dan halaman Istana Merdeka Jakarta

Selain itu, ada juga agenda menarik lainnya seperti prosesi kirab pengiriman duplikat bendera pusaka dan naskah proklamasi dari Monas ke IKN, serta pameran arsip kepresidenan yang akan diselenggarakan di Galeri Emiria Soenassa, Taman Ismail Marzuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini