Sukses

KLHK Berikan Penghargaan terhadap Inovator Lingkungan di Festival LIKE 2

Festival LIKE 2 menyoroti tiga hal utama yaitu teknologi ramah iklim, partisipasi publik, dan akses dana lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kideco Jaya Agung (Kideco) menunjukkan komitmennya terhadap pembangunan lingkungan saat Festival LIKE 2 yang diselenggarakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Perusahaan tersebut menerima penghargaan sebagai pemegang Persetujuan Penggunaan Kawasan Hutan (PPKH) yang memiliki kepatuhan dalam kewajiban pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) penggunaan kawasan hutan.

Penghargaan itu diterima langsung oleh Direktur Utama Kideco, Muhammad Kurnia Ariawan. Ia menyampaikan rasa syukur dan terima kasih karena mendapatkan apresiasi dari KLHK. Menurutnya, penghargaan tersebut akan menjadi motivasi biasa bagi Kideco, untuk terus memberikan kontribusi nyata bagi negara.

“Industri tambang harus dapat memberikan manfaat kepada negara. Kideco akan terus berkontribusi kepada negara antara lain melalui PNBP penggunaan kawasan hutan,” ujar Muhammad Kurnia Ariawan, dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/08/2024).

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar, mengatakan festival ini menjadi wadah untuk memperkenalkan hasil kerja nyata di sektor lingkungan dan kehutanan. Ia juga menyebut jika pembangunan di sektor tersebut membutuhkan kerjasama banyak pihak yang meliputi pemerintah, masyarakat sipil, komunitas, dan dunia usaha.

Dengan mengusung tema "10 Tahun Kerja untuk Sustainabilitas", Festival LIKE 2 menyoroti tiga hal utama yaitu teknologi ramah iklim, partisipasi publik, dan akses dana lingkungan. Pihaknya juga menerangkan telah melakukan kerja lingkungan dengan responsif, adaptif, dan progresif yang diwujudkan dengan upaya perbaikan tata kelola lingkungan hidup dan kehutanan.

"Sinergi langkah ini bukan hanya manifestasi, transformasi responsifnya birokrasi, tetapi lebih dari itu menjadi modalitas bersama bagi pembangunan sektor lingkungan dan kehutanan oleh pemerintah, pemerintah daerah, civil society, komunitas dan dunia usaha," ungkapnya.

Sekedar informasi, Festival LIKE merupakan akronim dari lingkungan hidup, iklim, kehutanan dan energi baru terbarukan. Selain memberikan penghargaan bagi para pelaku dan inovator di bidang lingkungan, pada festival tersebut juga diadakan berbagai kegiatan lainnya seperti pameran teknologi ramah lingkungan, konser musik, talkshow inspiratif, dan fun walk.

Acara ini juga merupakan rangkaian dari Road to COP ke-29 United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) 2024 yang akan berlangsung di Azerbaijan, pada pertengahan November mendatang.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.