Sukses

Kominfo Anugerahkan 4 Komunitas Terbaik Pada Malam Puncak Festival KIM di Makassar

Kota Makassar menjadi tuan rumah Festival KIM 2024.

Liputan6.com, Makassar - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menganugerahkan empat Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) terbaik pada malam apresiasi Festival KIM 2024 di Anjungan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, 9-11 Agustus 2024. 

"Kompetisi KIM tahun ini, penilaian dilakukan terhadap komunitas yang bergerak di tiga bidang yaitu bidang UMKM, bidang pariwisata dan bidang pertanian atau perkebunan," papar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong dalam keterangannya, Selasa (13/8/2024).

Adapun empat penerima penghargaan terbaik itu masing-masing, KIM Terbaik Bidang Usaha, Kecil, Mikro, dan Menengah yakni KIM Dinamika Sinema Nusantara dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemudian KIM Terbaik Bidang Pariwisata yaitu KIM Sani-Sani dari Provinsi Sulawesi Tenggara, disusul KIM Paling Transformatif yaitu KIM Tirto Gumitir dari Provinsi Jawa Timur dan KIM Terinovatif yaitu KIM Racah Mampulang dari Provinsi Kalimantan Selatan.

Usman pun menjelaskan bahwa Kementerian Kominfo RI mengapresiasi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) sebagai mitra strategis pemerintah di dalam melakukan komunikasi publik yang akan diikuti oleh KIM di seluruh provinsi di Indonesia. 

Dia menjelaskan bahwa ajang Festival KIM ini memperkenalkan eksistensi KIM seluruh provinsi di Indonesia. Rangkaian kegiatan Festival KIM 2024 yaitu pameran KIM, penilaian kompetisi KIM, dan malam Anugeah kompetisi KIM. Festival KIM 2024 diikuti oleh 11 KIM dari 9 Provinsi Indonesia. 

Festival KIM juga menjadi salah satu bentuk pembinaan dan pemberdayaan KIM. Festival KIM ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, kinerja, inovasi, dan kreatifitas serta memperkuat kemandirian KIM sebagai simpul komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

"Harapannya Festival KIM tidak hanya dapat menjadi ajang berkompetisi, namun juga menjadi arena bagi KIM untuk merayakan eksistensinya dan berjejaring, saling bertukar pikiran dan berbagi success story sehingga dapat terbangun kekompakan antar seluruh KIM di Indonesia. Selain itu, acara seperti ini juga menjadi kesempatan untuk memperkenalkan KIM kepada masyarakat luas, bahwa KIM merupakan unsur yang berasal dari, oleh dan untuk Masyarakat," ujar Usman. 

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto atau Danny Pomanto mengaku bahagia ditunjuknya Kota Makassar menjadi tuan rumah Festival KIM. Ia berharap KIM menjadi garda terdepan dalam menyebarluaskan informasi positif kepada masyarakat. 

"Kami menyambut baik dan sangat berbahagia dengan hadirnya kegiatan Festival KIM di kota Makassar. Harapannya sebagai kota ke 2 hadirnya KIM Fest 2024 dapat memajukan semangat KIM dalam menyebarluaskan informasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat,' ucap Danny.

 

Simak juga video pilihan berikut ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.