Sukses

Amankan Kelistrikan Upacara HUT RI ke-79 di IKN, PLN Nusa Daya Siapkan 200 Personel

Sebanyak 200 personil PLN Nusa Daya ditugaskan dalam pengamanan kelistrikan menjelang dan selama Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada Sabtu (17/8/2024).

Liputan6.com, Balikpapan - PT PLN Nusa Daya menggelar apel dan pelepasan 200 personil yang akan bertugas dalam pengamanan kelistrikan menjelang dan selama Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada Sabtu (17/8/2024). Apel yang berlangsung di Lapangan Kantor Pusat PLN Nusa Daya, Balikpapan, dipimpin oleh Direktur Operasi dan Pengembangan Usaha PT PLN Nusa Daya, Reny Wahyu Setiaswan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya PLN Nusa Daya untuk memastikan kelancaran pasokan listrik selama pelaksanaan upacara kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pengamanan kelistrikan yang dilakukan mencakup pemantauan jaringan, pengelolaan pasokan listrik, dan kesiapsiagaan menghadapi gangguan yang mungkin terjadi.

Dalam sambutannya, Direktur Operasi dan Pengembangan Usaha menyampaikan pentingnya peran PLN Nusa Daya dalam mendukung kelancaran peringatan hari kemerdekaan di IKN sebagai salah satu momen bersejarah bagi bangsa Indonesia.

“Kita mengemban tugas penting untuk memastikan bahwa seluruh rangkaian upacara berjalan dengan lancar, tanpa gangguan kelistrikan. Tugas ini memerlukan dedikasi dan kesiapan yang tinggi dari seluruh personil yang terlibat,” ujar Reny Wahyu.

Sebanyak 200 personil yang terdiri dari teknisi, operator, dan tim pengawas, akan disebar ke berbagai titik pengamanan yang berada di IKN. Mereka akan bertugas untuk memastikan keandalan sistem kelistrikan selama pelaksanaan upacara serta kegiatan pendukung lainnya dimulai 10 Agustus 2024 sampai dengan hari pelaksanaan upacara HUT RI ke-79 pada Sabtu (17/8/2024) mendatang. Selain itu, PLN Nusa Daya juga turut menyiapkan cadangan pasokan listrik dan peralatan darurat untuk mengantisipasi kemungkinan adanya gangguan.

Sebagai langkah antisipasi, PLN Nusa Daya telah melakukan pengecekan menyeluruh terhadap jaringan distribusi dan instalasi listrik di sekitar lokasi-lokasi strategis IKN. Simulasi dan uji coba juga telah dilakukan untuk memastikan semua sistem berfungsi dengan baik dan siap menghadapi kondisi apa pun.

Pada akhir apel, Reny Wahyu Setiaswan memberikan arahan kepada seluruh personil agar menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme. “Keberhasilan kita dalam menjaga stabilitas kelistrikan selama upacara kemerdekaan ini akan menjadi kebanggaan bersama. Mari kita berikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PLN Nusa Daya, Feby Joko Priharto menuturkan, kesiapan PLN Nusa Daya dalam pengamanan kelistrikan ini merupakan wujud komitmen perusahaan untuk selalu mendukung seluruh kegiatan nasional. “Terutama pada momen penting peringatan Hari Kemerdekaan yang ke-79 di IKN ini,” timpalnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.