Sukses

Keceriaan Anak-Anak Usia Dini di Sukabumi Ikuti 'Edutrain' Bersama KAI Daop 1 Jakarta

Stasiun Sukabumi dikunjungi puluhan anak-anak berusia 3 sampai 7 tahun. Mereka datang dari komunitas Petualang Cilik Sukabumi untuk mengikuti kegiatan yang diadakan oleh KAI Daop 1 Jakarta.

Liputan6.com, Sukabumi - Wajah lugu dan ceria terpancar dari puluhan anak-anak berusia 3 sampai 7 tahun saat mengikuti kegiatan edutrain yang diadakan oleh KAI Daop 1 Jakarta di Stasiun Sukabumi.

Mereka datang dari Komunitas Petualang Cilik Sukabumi, yang beralamat di Botanica Sriwidari, Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi. Anak-anak ini mengikuti kegiatan tersebut dengan didampingi oleh orang tua masing-masing.

Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kereta api kepada anak usia dini agar mereka tumbuh dengan kecintaan terhadap kereta api.

“Kegiatan Edutrain tidak hanya diselenggarakan di stasiun-stasiun, tetapi juga di sekolah-sekolah yang berlokasi dekat dengan jalur kereta api,” ujar Ixfan dalam keterangan tertulis pada (13/8/2024).

Selain itu, lanjut dia, kegiatan ini juga bertujuan untuk berbagi pengetahuan serta melakukan sosialisasi keselamatan perkeretaapian. 

Dia menjelaskan, dalam Edutrain KAI Daop 1 Jakarta melibatkan peserta anak-anak dari usia 3 tahun hingga perguruan tinggi, dengan metode yang disesuaikan untuk tiap kelompok usia. Seperti bermain, bernyanyi, dan pengenalan profesi di PT KAI (Persero), khususnya profesi awak sarana kereta api.

“Sepanjang tahun 2024, kegiatan Edutrain telah dilaksanakan sebanyak 20 kali, dengan 13 kegiatan di stasiun dan 7 kegiatan di sekolah,” ungkapnya. 

Beberapa stasiun yang menjadi objek Edutrain meliputi Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bogor, Sukabumi, dan Cikarang. Sekolah-sekolah yang sudah mengikuti kegiatan Edutrain antara lain:

 

1. SD Stie Tawan Siswa Kemayoran

2. Yayasan Madrasah Pendidikan Jama'atul Islamiyah Tanah Tinggi

3. Warga Cinangoh Karawang (Karang Taruna)

4. SDN Cicayur 1 Desa Cisauk

5. SDN Citatah Jaya Cibinong

6. SMK IT Dwiguna Depok

7. SD Muhammadiyah 17 Kampung Bahari Tanjungpriuk

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Memberikan Pengalaman Unik

Lebih lanjut, dia menambahkan, bahwa masih banyak sekolah yang akan dikunjungi untuk mengadakan kegiatan Edutrain, dan beberapa di antaranya sudah mengajukan permohonan kunjungan ke stasiun untuk dua bulan ke depan.

Kegiatan Edutrain kali ini diikuti oleh 20 anak usia dini bersama dengan 25 pendamping dan orang tua. Anak-anak dikenalkan dengan berbagai profesi yang ada di KAI diantaranya ada profesi Pengatur perjalanan Ka (ppka) yang memakai pet merah. Kemudian, profesi masinis, profesi Polsuska, dan tata cara antri masuk boarding 

“Anak-anak mendapatkan pengalaman unik di Stasiun Sukabumi, bermain sambil belajar mengenal lingkungan stasiun, dilanjutkan dengan perjalanan naik KA Siliwangi dari Stasiun Sukabumi ke Cipatat PP,” tutur dia.

"Harapannya, kegiatan Edutrain yang dilakukan secara massif ini dapat menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap kereta api dan turut serta melestarikannya," sambung dia.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.