Sukses

Teka-Teki Sosok yang Bakal Menjadi Ketua DPRD Garut 2024-2029

Ketua DPRD Garut periode 2019-2024, Euis Ida Wartiah, dalam pidato sambutan perpisahannya memaparkan berbagai capaian selama masa jabatannya.

Liputan6.com, Garut - Teka-teki siapa yang akan menjadi Ketua DPRD Garut 2024-2029 mulai terkuak. Dalam pelantikan anggota DPRD Garut, Jawa Barat yang dilakukan di Gedung DPRD, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) dan Ketua Komisi A DPRD 2019-2024 menjadi pimpinan sidang diprediksi menjadi pimpinan DPRD Garut ke depan.

“Bapak dan Ibu anggota DPRD periode sebelumnya telah memberikan sumbangsih besar bagi kemajuan Garut,” ujar Ketua DPRD Kabupaten Garut Sementara Iman Ali Rahman, dalam pelantikan anggota DPRD Garut 2024-2029, Garut, Selasa (13/8/2024).

Iman Ali Rahman legislator dari Golkar yang didapuk menerima simbolis palu pimpinan dari Ketua DPRD Garut sebelumnya Euis Ida Wartiah yang sama-sama legislator Golkar, diprediksi menjadi pimpinan DPRD Garut untuk lima tahun ke depan.

Ia menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja DPRD sebelumnya. Menurutnya, pengalaman dan kebijakan yang telah dirumuskan oleh DPRD periode lalu, bakal menjadi landasan penting bagi arah pembangunan Kabupaten Garut ke depan.

“Kami berterima kasih atas dedikasi yang telah diberikan dan akan melanjutkan perjuangan ini demi rakyat Garut,” kata dia.

Ketua DPRD Garut periode 2019-2024, Euis Ida Wartiah, dalam pidato sambutan perpisahannya memaparkan berbagai capaian selama masa jabatannya.

Tercatat selama periode itu, para wakil rakyat membahas 57 rancangan peraturan daerah (Raperda), kemudian 146 kali rapat paripurna, dan menetapkan 142 keputusan DPRD.

Dalam fungsi pengawasan, DPRD juga mengadakan 1.482 rapat kerja dengan pemerintah daerah. Euis juga menyoroti peningkatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dari Rp4,5 triliun pada 2019 menjadi Rp4,7 triliun pada 2024.

“Mungkin masih jauh dari harapan dan belum dapat memuaskan semua pihak. Karena sebagai manusia kami pun tidak terlepas dari kekurangan, kekhilafan, dan keterbatasan,” ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nama Iman Ali Rahman Menguat

Ia berharap hal yang masih kurang hendaknya menjadi bahan evaluasi terutama Anggota DPRD terpilih hasil Pemilu Tahun 2024.

“Kepada rekan-rekan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Garut masa jabatan 2924-2029 kami mengucapkan selamat datang dan selamat berjuang mengemban amanah, masyarakat Garut  bertaqwa, maju dan, sejahtera,” papar dia.

Kini masyarakat menunggu siapa ketua dan pimpinan DPRD Garut 2024-2029. Legislator Golkar yang kembali menjadi pemenang dalam Pileg 2024 diprediksi bakal menjadi Ketua DPRD Garut.

Nama Iman Ali Rahman, Mantan Sekda Garut dan Aris Munandar peraih suara terbanyak dalam pileg 2024, keduanya dari Golkar, menjadi dua nama terdepan yang diprediksi menjadi Ketua DPRD Garut 2024-2029.

Sementara wakilnya, kemungkinan berubah dari sebelumnya dipegang legislator Gerindra, bakal beralih ke tangan politikus PKB yang menjadi pemenang kedua dengan jumlah 8 kursi sama dengan raihan Golkar.

Beberapa nama yang muncul salah satunya Ketua Komisi A Subhan Fahmi, legislator PKB yang menjadi pimpinan sidang sementara bersama Iman Ali Rahman, diprediksi kuat menjadi Wakil Ketua DPRD Garut 2024-2029.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.