Sukses

MODENA Resmi Jadi Anggota UN Global Compact

MODENA menjadi perusahaan pertama di Indonesia dalam sektor elektronik dan peralatan rumah tangga yang bergabung dengan UNGC.

Liputan6.com, Jakarta - MODENA, perusahaan global home appliances yang telah berdiri lebih dari 60 tahun asal Italia, secara resmi terdaftar sebagai anggota dalam UN Global Compact (UNGC) sejak Juli 2024.

Executive Vice President MODENA sekaligus Chief Advisor dari MODENA Sustainability Taskforce, Nicole Jizhar menjelaskan konsistensi MODENA dalam menerapkan strategi bisnis berkelanjutan melalui implementasi environmental sustainability, social responsibility mengantarkan MODENA terpilih menjadi salah satu perusahaan nasional yang terdaftar sebagai anggota UNGC.

"Dengan keanggotaan ini, MODENA siap menunjukan kesungguhan perusahaan dalam penerapan prinsip Environment, Social, and Governance (ESG) dalam setiap lini bisnis yang juga selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals," katanya.

MODENA menjadi perusahaan pertama di Indonesia dalam sektor elektronik dan peralatan rumah tangga yang bergabung dengan UNGC. UNGC, sebagai badan internasional di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), berkomitmen untuk mendorong perusahaan swasta agar menyelaraskan strategi dan operasional mereka dengan 10 prinsip yang mencakup hak asasi manusia, lingkungan hidup, anti-korupsi, dan ketenagakerjaan.

UNGC memiliki anggota dari berbagai sektor yang tersebar di 160 negara. Sebagai anggota, MODENA kedepannya memiliki kewajiban untuk menyerahkan laporan Communication of Progress (COP) tahunan sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam menerapkan prinsip-prinsip tersebut serta dukungan pencapaian 17 tujuan PBB pada tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Seluruh kegiatan ESG (Environmental, Social, and Governance) yang telah dan akan terus dilaksanakan oleh perusahaan merupakan turunan dari visi dan misi MODENA. Kami berkomitmen untuk memberikan dampak positif, baik di dalam perusahaan maupun di komunitas sekitar wilayah operasi kami," jelasnya.

Di sisi lingkungan, MODENA berkomitmen kuat terhadap isu lingkungan dan keberlanjutan melalui berbagai inisiatif, termasuk pengembangan produk energi terbarukan dalam lini bisnis MODENA Energy. Komitmen ini tercermin dalam penerapan eco-friendly packaging berbahan baku corrugated paper sebagai kemasan produk MODENA.

Selain itu, implementasi prinsip-prinsip UNGC juga terlihat dalam program-program perusahaan yang fokus pada peningkatan kesejahteraan dan kapabilitas karyawan melalui pembelajaran dan pengembangan berkelanjutan.

Kemudian pengembangan masyarakat di area operasional MODENA melalui program CSR yang terintegrasi dan kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan.

Upaya MODENA dalam memajukan sektor energi terbarukan dan menetapkan standar baru dalam keunggulan lingkungan menunjukkan dedikasinya terhadap prinsip-prinsip UNGC dan keberlanjutan.

"Dengan MODENA yang kini juga berfokus di sektor energi terbarukan, kami berharap bisa mendorong transisi menuju energi yang lebih berkelanjutan. Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk menciptakan masa depan dengan produk yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga didukung oleh energi bersih," ia menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini