Sukses

Susunan Upacara HUT RI 17 Agustus 2024 untuk Sekolah, Simak di Sini

Melaksanakan upacara HUT RI yang digelar pada 17 Agustus tentu membutuhkan susunan upacara yang jelas agar kegiatan tertib. Berikut ini susunan upacara yang bisa diperhatikan terutama untuk upacara di Sekolah.

Liputan6.com, Bandung - Hari Kemerdekaan Indonesia dirayakan setiap tanggal 17 Agustus dan menjadi peringatan yang dirayakan setiap tahunnya. Perayaan ini sering disambut meriah oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Kemudian pada hari kemerdekaan biasanya diawali dengan kegiatan upacara bendera yang dilaksanakan di berbagai tempat. Mulai dari Istana Negara, kantor pemerintahan, hingga di sekolah.

Menjalankan suatu upacara tentunya harus disertai dengan susunan upacara yang jelas. Mengingat upacara merupakan momen sakral dan penting ketika masyarakat berkumpul bersama merayakan kebersamaan mereka sebagai sebuah bangsa.

Selain itu memiliki susunan upacara yang jelas membantu proses upacara menjadi lebih tertib dan khidmat. Upacara biasanya melaksanakan sejumlah kegiatan seperti pengibaran bendera, pembacaan teks proklamasi, pembacaan doa, dan lain-lain.

Kegiatan tersebut tentunya memiliki makna yang penting terutama bagi masyarakat dan negara. Susunan acara menjadi hal penting untuk memastikan setiap bagian tersebut berjalan dengan lancar.

Sementara itu susunan upacara di sekolah-sekolah biasanya berfungsi sebagai bentuk nilai-nilai disiplin dan tanggung jawab kepada siswa. Para siswa juga bisa belajar mengenai pentingnya tepat waktu, kerja sama, dan rasa hormat terhadap simbol-simbol negara.

Kegiatan upacara di sekolah biasanya diikuti oleh para siswa sehingga susunan upacara sangat membantu siswa untuk melaksanakan upacara dengan khidmat. Adapun untuk meraih upacara yang khidmat terdapat susunan upacara yang bisa diperhatikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Susunan Upacara 17 Agustus 2024

Melansir dari Kemendikbud terdapat susunan upacara yang telah diatur oleh Kemendikbud dan bisa diikuti baik oleh seluruh masyarakat Indonesia termasuk di lingkungan sekolah seperti berikut ini:

1. Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara.

2. Pembina upacara tiba di tempat upacara.

3. Penghormatan kepada pembina upacara.

4. Laporan pemimpin upacara.

5. Pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh korsik atau paduan suara.

6. Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara.

7. Pembacaan naskah Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara.

8. Pembacaan naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.

9. Pembacaan keputusan Presiden RI tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya dan pemberian piagam kepada penerima Satyalancana Karya Satya (jika ada).

10. Amanat pembina upacara.

11. Pembacaan doa.

12. Laporan pemimpin upacara.

13. Penghormatan kepada pembina upacara.

14. Pembina upacara meninggalkan mimbar upacara.

15. Upacara selesai, barisan dibubarkan.

3 dari 4 halaman

Tema HUT Ke-79 RI

Pada tahun 2024 ini tema Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 adalah “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Tema tersebut dipilih untuk menggambarkan sejumlah transisi besar yang ada di Indonesia.

Di antaranya transisi kepindahan ibu kota negara serta transisi menjelang pergantian Presiden RI atau pemimpin negara. Sementara terkait logo yang dipilih dalam peringatan tahun ini merupakan logo karya Inggrid Wenas.

Logonya menampilkan angka “79” yang disertai dengan tulisan “Nusantara Baru, Indonesia Maju” sebagai tema tahun ini. Melansir dari situs Presiden RI disebutkan bahwa konsep visual logo perayaan tahun ini terdiri atas angka 79 yang mencakup tujuh konsep.

Di antaranya negara kepulauan, lambang negara, pertumbuhan ekonomi, berkelanjutan, ekonomi hijau, persatuan dan harapan, serta kesetaraan. Sehingga logo tersebut menyimpan makna yang mendalam untuk Indonesia.

4 dari 4 halaman

Link Download Logo HUT ke-79 RI

Berikut ini adalah beberapa link terkait HUT ke-79 RI termasuk dengan link download logonya:

  • Link Logo: https://drive.google.com/drive/folders/1nqJrr3CDbWpU-OM8WMQPmH3O-ACwT35P
  • Link Identitas HUT RI 79: https://drive.google.com/drive/folders/1VvemzxZLg8Oh_wjKkii9Vq-VWnIoqO4g?usp=drive_link
  • Link Template Desain HUT RI 79: https://drive.google.com/drive/folders/18Cj05T1Rd_sM_3M_3xcT6fBzgHqtry67?usp=drive_link
  • Link Video Motion HUT RI 79: https://drive.google.com/drive/folders/1ChbbC3NBYxsTU5PWFXDeK5Lw24AP3ILF?usp=drive_link

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini