Sukses

Sungai Siak dan Misteri yang Belum Terkuak

Konon, terdapat hewan-hewan misterius yang keluar dari dasar Sungai Siak. Cerita bermula dari adanya gajah putih yang selalu keluar dari perairan.

Liputan6.com, Riau - Sungai Siak berada di Provinsi Riau. Sungai terdalam di Indonesia ini menyimpan misteri yang masih belum terkuak hingga sekarang.

Mengutip dari berbagai sumber, kedalaman Sungai Siak pernah mencapai 30 meter. Sayangnya, pendangkalan membuat kedalaman sungai ini kini hanya mencapai 18 meter saja.

Mengaliri lima kabupaten dan kota, Sungai Siak memiliki peran penting bagi masyarakat setempat. Tampak memiliki arus permukaan yang tenang, Sungai Siak juga dikenal menyimpan misteri di baliknya.

Konon, terdapat hewan-hewan misterius yang keluar dari dasar Sungai Siak. Cerita bermula dari adanya gajah putih yang selalu keluar dari perairan.

Kabarnya juga pernah ada ikan duyung dan seekor hewan seperti naga yang pernah muncul ke permukaan. Namun, hewan-hewan itu akhirnya menghilang. Sebagian warga percaya bahwa hewan-hewan misterius itu adalah perwujudan dari makhluk halus yang mendiami Sungai Siak.

Tak hanya hewan-hewan misterius, Sungai Siak konon juga masih menjadi tempat sesosok raja. Konon, sosok raja ini masih mendiami sebuah rumah di pinggir Sungai Siak, tepatnya di bawah jembatan Siak III.

Rumah tersebut diberi nama Rumah Tuan Kadi. Rumah yang sampai saat ini masih terawat itu dijadikan cagar budaya oleh pemerintah setempat.

Rumah Tuan Kadi dibangun sebelum 1895. Bangunan ini kental akan arsitektus khas Melayu.

Bangunan tersebut menjadi tempat singgah raja-raja Kerajaan Siak sebelum meneruskan perjalanan. Konon, sosok raja yang masih mendiami rumah tersebut pernah menampakkan diri kepada pekerja dengan penampilan layaknya raja-raja melayu zaman dahulu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Misteri Lainnya

Misteri lainnya yang melingkupi Sungai Siak adalah adanya sepasang buaya putih. Warga sekitar dikabarkan kerap melihat sepasang buaya putih yang mendiami sungai tersebut.

Menurut cerita turun-temurun warga, jika buaya putih tersebut menampakkan diri, maka itu merupakan pertanda akan terjadinya sesuatu yang besar. Keberadaan buaya putih ini dipercaya berkaitan erat dengan sosok raja yang mendiami Sungai Siak.

(Resla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini