Sukses

Viral Monyet Ekor Panjang Masuk ke Permukiman di Cimahi, Warga Menduga Cari Makan

Warga menduka monyet yang berkeliaran di Cimahi lantaran monyet itu tengah mencari makan.

Liputan6.com, Bandung - Monyet jenis ekor panjang memasuki halaman rumah warga di Jalan Kerkof, Blok Padakasih, RT 4 RW 8, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Monyet itu terekam oleh Mahendra (17), menggunakan handphone miliknya pada Rabu, 14 Agustus 2024, sekira pukul 15.30 WIB.

Awalnya, Mahendra tidak mengetahui adanya monyet yang masuk ke halaman rumahnya lantaran ia sedang berkumpul bersama kerabatnya.

Namun tetangga di sebelah rumahnya tiba-tiba memberikan kabar tentang adanya monyet yang bertengger di pohon yang berada di halaman depan.

"Jadi kemarin tuh pas jam 3 lebih sekian ditelfon sama tetangga, katanya ada monyet di pohon. Pas di cek memang ada. Satu [ekor] ukurannya lumayan lah," kata dia saat ditemui di rumahnya.

Dia mengaku sempat mendengar suara bising seperti ada yang berjalan di atas seng yang berada di bawah pohon bagian atas. Akan tetapi ia menduga suara itu berasal dari kucing yang sedang lewat.

"Grasah-grusuh lah di asbes, terus saya rekam, diusir-usir [terus] lari ke arah belakang," lanjutnya.

Ia menduga kedatangan monyet itu tak lain adalah untuk mencari makan. Pasalnya, kejadian ini diakui olehnya bukan yang pertama kali.

"Kayanya mau cari makan soalnya mangga di pohon mau pada mateng," ujarnya.

"Sebelumnya juga sudah ada, cuman yang baru pertama melihat aku, sebelumnya sama si kaka. Udah dua kali," sambung dia.

Dalam pantauan, rumah yang ditinggali Mahendra dekat dengan sebuah gunung yang sudah terkikis lantaran adanya proses pengerukan batu. Namun di beberapa titik masih banyak pepohonan yang tumbuh, meski tak banyak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral di Media Sosial

Sebelumnya, viral di media sosial tentang munculnya monyet jenis ekor panjang memasuki halaman rumah warga.

Dalam video yang beredar tampak monyet itu nangkring di tembok milik warga. Setelah sang pemilik rumah mengusir sembari merekam, monyet itupun langsung panik.

Akhirnya, hewan dengan nama ilmiah Macaca fascicularis itu langsung meloncat ke arah batang pohon dan meloncat lagi ke batang pohon lainnya. Monyet tersebut diduga kabur ke arah belakang rumah.

Video yang merekam kedatangan monyet ke permukiman warga telah ditonton lebih dari 23,2 ribu netizen.

Penulis: Arby Salim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini