Sukses

Sambut HUT MA dan HUT RI ke-79, 4 Peradilan di Makassar Jalan Santai Bareng

4 Peradilan di Makassar gelar jalan santai.

Liputan6.com, Makassar Empat lingkungan peradilan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar jalan santai dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun ke-79 Mahkamah Agung (HUT MA) sekaligus menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 (HUT RI), Jumat (16/8/2024).

Jalan santai yang diikuti oleh para pegawai pengadilan di Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Gowa dan Pengadilan Militer tersebut, dipusatkan di Pengadilan Negeri Makassar (PN Makassar).

Ketua Pengadilan Tinggi Makassar, Zainuddin mengatakan, gerak jalan santai dalam rangka HUT ke 79 Mahkamah Agung dan HUT Kemerdekaan RI ini, dilakukan bersama penegak hukum peradilan di Sulsel.

Di mana, sebut dia, empat peradilan yang dimaksud yakni dari Pengadilan Tinggi Makassar, Pengadilan Tinggi Agama, Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara, dan juga dari Pengadilan Tinggi Militer.

Lebih lanjut ia menyebutkan, selain dalam rangka menyongsong 17 Agustus dan ulang tahun Mahkamah Agung (MA) yang jatuh pada tanggal 19 Agustus, jalan santai ini digelar sebagai ajang perkenalan empat lingkungan peradilan yang ada di Kota Makassar yang siap memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Tak hanya itu, Zainuddin mengatakan, pihaknya juga akan memberikan pesan penting kepada masyarakat, supaya turut memberikan kritik jika ada pelayanan peradilan yang belum maksimal.

"Kita ingin memberikan pesan penting bahwa kita memberikan pelayanan masyarakat dan juga minta dikritik apabila pelayanan kami mungkin dianggap masih kurang. Kritikan itu kita anggap juga masukan untuk memperbaiki diri kita," ucap Zainuddin.

Ia menegaskan, kritikan masyarakat terhadap penegakan hukum pada lingkungan peradilan akan menjadi masukan perbaikan ke depannya.

Tanpa ada kritikan, kata Zainuddin, maka penegak hukum mungkin tidak akan berjalan sebagaimana yang diharapkan.

"Jadi sekali lagi saya katakan bahwa kalau masyarakat merasa di antara pelayanan kami tidak maksimal bisa melaporkan ke masing-masing," terang Zainuddin

Ia menjelaskan, empat lingkungan peradilan yang ada di Kota Makassar memiliki peran yang sama. Di mana memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat Sulsel pada khususnya.

Pada kesempatan yang sama, Zainuddin mengatakan, lingkungan peradilan terus berusaha mempercepat seluruh pekerjaan, penyelesaian perkara, baik pidana-pidana umum, pengadilan agama, pengadilan militer dan TUN.

"Harapannya tentu semoga masyarakat memperoleh keadilan yang cepat dan penuh kepastian," ungkap Zainuddin.

Di tempat yang sama, Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makassar (PT TUN), Iswan Herwin mengaku memiliki harapan di momen ulang tahun Mahkamah Agung tahun ini. 

Di mana, ia berharap seluruh perkara dapat selesai dengan segera dan masyarakat yang berperkara dapat memperoleh keadilan.

"Harapan kami pertama kita akan berusaha untuk mempercepat seluruh pekerjaan dan penyelesaian perkara sehingga masyarakat bisa memperoleh keadilan dengan cepat," tutur Iswan.

Dalam kesempatan yang sama, Khaeril R selaku Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar menerangkan tentang digitalisasi, di mana saat ini pengadilan, kata dia, berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan dengan menghadirkan situs yang dapat diakses oleh masyarakat, yaitu Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). 

Serta, lanjut Khaeril, Kemudian yang terpenting adalah tidak adanya pertemuan langsung antara Hakim dengan masyarakat.

"Dengan adanya itu para pihak tidak perlu lagi datang ke kantor pengadilan untuk mencari tahu sejauh mana perkembangan perkara, cukup diakses saja melalui internet," Khaeril menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.