Sukses

Penyebab Pipa Gas PGN Terbakar di Bandar Lampung

PGN Lampung menyebut kebakaran yang terjadi pada pipa gas di Kecamatan Tanjung Senang, Bandar Lampung disebut dipicu lantaran adanya pihak ketiga yang membakar sampah di atas jalur pipa.

Liputan6.com, Lampung - Peristiwa terbakarnya pipa milik PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Lampung di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung pada Kamis (15/8/2024) kemarin disebut pemicunya lantaran ada kegiatan masyarakat membakar sampah di sekitar lokasi kejadian. 

"Kebakaran yang terjadi itu pada jaringan pipa gas untuk pelanggan rumah tangga. Observasi kami dengan teman-teman itu dikarenakan adanya aktivitas dari pihak ketiga, kalau dari lokasinya kita lihat itu adanya kegiatan bakar-bakar sampah oleh masyarakat di atas jalur pipa," kata Head Area PT PGN Lampung, Ahmad Abrar kepada Liputan6.com, Jumat (16/8/2024). 

Menurut Abrar, api dari pembakaran sampah itu merambat hingga menyebabkan melelehnya pipa PGN.

"Karena pipa gas rumah tangga milik kami itu berbahan polyethylene (PE), pipa yang terdampak ini pipa tekanan rendah. Diduga meleleh dan bocor, eskalasi kejadiannya terjadilah kebakaran," jelas dia.

Dia menyampaikan, pihaknya rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar jalur pipa untuk meminimalisir kejadian serupa.

"Hal hal apa yang harus dihindari ketika melakukan aktivitas di atas jalur atau di sekitar lokasi kejadian. Kalau terindikasi ada anomali di jaringan pipa, gas itu kan kalau bocor mengeluarkan bau-bauan ya, hal itu lah yang sering disosialisasikan oleh tim kami ke masyarakat," terangnya.

Pasca kejadian, dia menerangkan, sudah menanggulangi pipa gas yang terbakar di sekitar lokasi serta memastikan peristiwa serupa tak terulang.

"Kemarin sudah diperbaiki, kita pastikan pipa tersebut kondisinya baik dan aman. Kami bongkar jalurnya kita pastikan sudah aman terus untuk jalur atau cabang pipa yang terdampak itu kita lakukan penonaktifkan. Setelah semua kondisi normal aman, kami melakukan penguatan, kita cor kembali semuanya dan saat ini pendistribusian gas sudah normal kembali," ungkapnya.

Dia mengucapkan terima kasih kepada warga setempat serta petugas pemadam kebakaran yang telah melapor dan memadamkan api hingga tak merambat ke bangunan di sekitar lokasi.

"Alhamdulillah tidak sampai merambat ke bangunan warga, kami juga mengucapkan terima kasih kepada warga yang langsung melapor kejadian itu serta petugas pemadam yang telah merespon dengan cepat," ucapnya.

Sebelumnya, pipa milik PT PGN Lampung di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Tanjung Senang, Kecamatan Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung, terbakar pada Kamis (15/8/2024). Terbakarnya pipa PGN itu sempat membuat warga panik lantaran mengeluarkan semburan api cukup besar.

Kabid Pemadam Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Bandar Lampung, Irman Saputra mengonfirmasi peristiwa kebakaran tersebut.

Dia menerangkan, insiden kebakaran pipa PGN tersebut terjadi sekitar pukul 10.19 WIB di samping salah satu ruko tambal ban di jalan setempat.

"Iya benar, telah terjadi kebakaran di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Tanjung Senang, sekira pukul 10.19 WIB. Pokok yang terbakar pipa gas PGN," kata Irman saat dikonfirmasi Liputan6.com, Kamis (15/8/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini