Sukses

Perangi Narkoba di Lapas, Satgas P4GN Babel Dioptimalisasi

Genderang perang terhadap peredaran gelap narkotika terus ditabuh oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bangka Belitung (Babel). Hal tersebut diwujudkan dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Babel.

Liputan6.com, Jakarta - Genderang perang terhadap peredaran gelap narkotika terus ditabuh oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bangka Belitung (Babel). Hal tersebut diwujudkan dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Babel.

Keduanya sepakat untuk mengoptimalisasi Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Mereka berkomitmen untuk memerangi peredaran gelap narkotika di dalam lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan).

Satgas P4GN juga akan melakukan pengawasan secara ketat terhadap kegiatan para warga binaan pemasyarakatan (WBP). Tak hanya itu, razia dan tes urine nantinya akan digelar secara rutin untuk mewujudkan lapas dan rutan bersih dari narkoba (Bersinar).

"Sinerigtas yang terjalin semoga semakin meningkat dalam upaya optimalisasi Satgas P4GN,"ungkap Kepala Kanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto, Kamis (15/8/2024).

Hal senada dikatakan, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Babel, Kunrat Kasmiri. Ia mengungkapkan jika sinergitas dengan aparat penegak hukum lainnya, salah satunya dengan BNNP Babel harus dioptimaliasi kembali terlebih di era kepemimpinan yang baru.

Kunrat mencontohkan, pihaknya selama ini telah bersinergi melalui rehabilitasi 140 narapidana kasus narkoba di tahun 2024. Selain itu pihaknya juga melakukan pertukaran informasi dan penggeledahan blok hunian warga binaan secara bersama-sama dalam memberantas narkoba.

"Mari bersama rapatkan barisan dan jangan pernah memberikan ruang terhadap peredaran gelap narkoba,”Kunrat menimpali.

Sementara itu, Kepala BNNP Babel, Brigjen Pol. Hisar Siallagan, mengatakan kunjungan tersebut dalam rangka memperkuat tali silaturahmi dan sinergitas antara jajarannya dengan Kemenkumham Babel. Hal ini juga demi mendukung Indonesia Emas 2045 yang bebas narkoba.

“Ini merupakan komitmen kami dalam mencegah dan memberantas peredaran narkoba sehingga menciptakan lingkungan yang damai,"pungkasnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.