Sukses

Eks Napiter Dukung Pengamanan Maksimal Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN

Mantan narapidana kasus terorisme mendukung langkah-langkah yang dilakukan Polri dan TNI untuk menjaga keamanan di Kalimantan Timur guna menyukseskan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Liputan6.com, Jakarta Mantan narapidana kasus terorisme mendukung langkah-langkah yang dilakukan Polri dan TNI untuk menjaga keamanan di Kalimantan Timur guna menyukseskan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Puryanto, eks napiter menilai, pengamanan yang dilaksanakan di IKN luar biasa. Artinya, memang sudah maksimal sekali yang dilakukan Polri dan TNI. Bahkan di dalam lingkungan IKN sudah ada sterilisasi untuk tujuan pengamanan.

"Jadi, memang sudah baik dan insya Allah aman," kata Puryanto, yang juga warga Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (16/8/2024).

Puryanto mendukung keterlibatan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk memperkuat pengamanan dalam peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN. Keberadaan BNPT sangat penting untuk mewaspadai ancaman radikalisme dan terorisme di Kalimantan Timur.

"Apalagi sebelumnya pernah ada kejadian teror di provinsi Kalimantan Timur, yakni pengeboman gereja di Samarinda pada 2016 lalu," bebernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keterlibatan BNPT Sangat Penting

Dikatakan Puryanto lagi, keterlibatan BNPT dalam pengamanan HUT RI tentunya sangat bagus. Apalagi yang dilihatnya banyak sekali sudah dilakukan BNPT dalam rangka pengamanan tersebut, bahkan jauh-jauh hari sebelum acara HUT RI di IKN.

"Salah satunya, sosialisasi bahaya radikalisme dan terorisme ke sejumlah kecamatan dan kabupaten di Kalimantan Timur," ujar pria yang pernah terlibat kasus Bom Bali 1 ini.

Diungkapkan Puryanto, warga Penajam Paser Utara secara khusus dan warga Kalimantan Timur secara umum menyambut positif acara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN.

"Warga juga merasa bangga karena wilayah Kalimantan dipercaya menjadi Ibu Kota Negara Indonesia. Saya berharap peringatan HUT RI di IKN dan pembangunan IKN ke depan bisa berjalan dengan lancar," sebutnya.

3 dari 3 halaman

Simbol Keseriusan Pemerintah

Diakui Puryanto, bagi mereka acara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN, dan keberadaan IKN secara keseluruhan merupakan simbol dari keseriusan pemerintah dalam hal pemerataan pembangunan.

"Dampaknya terhadap kehidupan kami tentu sangat positif, terutama dalam bidang perekonomian masyarakat yang terlihat semakin maju, karena pembangunan semakin banyak di sini," ucap Puryanto, yang kini sukses mengelola kawasan agrowisata di Penajam Paser Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.