Sukses

Rute Penerbangan Domestik dan Internasional Terfavorit dari Bandara Kualanamu, Mana Saja?

PT Angkasa Pura Aviasi selaku pengelola Bandara Kualanamu, terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan dan kenyamanan penerbangan, khususnya bagi warga Sumatera Utara (Sumut).

Liputan6.com, Deli Serdang PT Angkasa Pura Aviasi selaku pengelola Bandara Kualanamu, terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan dan kenyamanan penerbangan, khususnya bagi warga Sumatera Utara (Sumut).

Selain penerbangan reguler domestik dan internasional, berbagai pilihan perjalanan juga terus dikembangkan oleh pihak Bandara Kualanamu. Mulai dari pembukaan jalur penerbangan langsung menuju negara tujuan, hingga penambahan frekuensi jadwal keberangkatan.

Head of Corporate Secretary & Legal PT Angkasa Pura Aviasi, Dedi Al Subur mengatakan, data penerbangan per 16 Agustus 2024 tercatat, domestik ada 16 rute dengan 7 maskapai penerbangan. Frekuensi 355 flight per minggu. Sedangkan internasional ada 5 rute dengan 7 maskapai penerbangan, dan frekuensi 179 flight per minggu.

"Untuk rute favorit, domestik adalah Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) dan Bandara Hang Nadim (BTH). Kemudian untuk internasional adalah Bandara Penang International (PEN) dan Bandara Internasional Kuala Lumpur (KUL)," kata Dedi, Jumat (16/8/2024).

Tidak hanya dari sisi pelayanan penerbangan, berbagai Tenan Plaza Primer Lounge juga akan segera dibuka di Bandara Kualanamu. Sebelumnya, PT Angkasa Pura Aviasi telah menandatangani Kontrak Kerja Sama Komersial dengan Multiple F&B Brand, antara lain Marugame Udon, Burger King, Old Town Coffee serta Warung Made.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbagai F&B Populer

Kontrak tersebut ditandatangani langsung Director of Commercial & Business Development PT Angkasa Pura Aviasi Bandara Kualanamu, Kedar Deshpande.

"Dalam waktu dekat akan segera dibuka Resto F&B lainnya yaitu Subway. Pilihan ini tentu akan lebih memanjakan lidah para pengguna jasa Bandar Udara Internasional Kualanamu," ujar Kedar Deshpande.

PT Angkasa Pura Aviasi juga akan menerapkan sistem tenant mixing untuk penempatan gerai-gerai F&B. Dalam merencanakan tenant mixing tersebut, banyak hal yang harus diperhatikan antara lain penentuan Layout & Passenger Flow, Space Allocation, Category & Brand Mix.

Selain itu, tidak kalah pentingnya adalah service element dimana kita juga harus menciptakan suasana yang nyaman bagi para pengguna jasa Badara Internasional Kualanmu.

Selain perencanaan komersial di atas, PT Angkasa Pura Aviasi Bandara Internasional Kualanamu juga telah menunjuk Konsultan Komersial Airport Internasional ternama yang memiliki credential dalam merencanakan komersial di berbagai bandara dunia.

3 dari 4 halaman

Tahap Implementasi

Ravi Shankar Saravu selaku Managing Director of PT Angkasa Pura Aviasi Bandara Kualanamu juga menambahkan, perencanaan ini sudah selesai dilaksanakan dan sekarang sedang masuk dalam tahap implementasi.

"Penting bagi kami untuk menentukan aktifitas komersial di Bandara Kualanamu berdasarkan kajian komprehensif, agar aspek komersial bisa memenuhi ekspektasi para pengguna jasa serta meningkatkan nilai bisnis Bandara Internasional Kualanamu," terangnya.

Perencanaan komersial ini sebelumnya juga telah dilakukan pengkajian secara detail oleh Konsultan Marketing dalam rangka menganalisis passenger profile Bandara Kualanamu. Melihat trend serta menentukan product preference, harapannya produk yang dijual di Bandara Kualanamu adalah yang disukai masyarakat pada umumnya.

4 dari 4 halaman

Berbagai Layanan

Saat ini juga, di Bandara Kualanamu telah tersedia Concierge Express, layanan premium penangan bagasi & Check in Penumpang. Biaya Rp 70.000 per 3 bagasi. Cara pemesanan dengan mengunjungi selasar atas keberangkatan dan melaui WA 0853-5300-5989.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini